NAMPALING, TRADISI MENANGKAP SIMEUT DI DESA CIKALONG MASIH UTUH DAN TERJAGA

SIDAMULIH-Kekayaan khasanah kebudayaan yang ada di Kabupaten Pangandaran masih terawat dan terpelihara dengan baik, terbukti dengan beberapa penyelenggaraan even-even budaya di masyarakat yang masih hidup.

Demikian dikatakan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata yang didampingi Wakil Bupati, H. Adang Hadari saat menghadiri festival nampaling di Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih yang di gelar di tengah-tengah hamparan sawah usai dipanen petani.(20/8).

“Ketika yang lain sudah meninggalkan kearifal lokal beralih pada hal-hal yang konvensional dan moderen, di Cikalong ternyata kebiasaan turun temurun para orang tua dahulu hingga sekarang masih tetap dilakukan masyarakat. “tutur bupati.

Nampaling, lanjut bupati, tradisi masyarakat menangkap simeut (belalang) dengan khusus yang terbuat dari bambu yang dilakukan usai masa panen padi, sampai sekarang ada. Artinya, lanjut bupati, ternyata nilai-nilai tradisi khususnya di Desa Cikalong masih terpeliharan dengan baik tak tergerus jaman.

Artinya lagi, masih kata bupati, kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan masyarakat Cikalong dahulu, hingga sekarang ternyata masih melekat pada tatanan kehidupan warga desa.

“Pemda akan mendorong Desa Cikalong untuk menjadi kawasan serta destinasi budaya di Kabupaten Pangandaran. “imbuh bupati.

Sementara menurut tokoh kebudayaan Kecamatan Sidamulih, Deddi Wahyudi, tidak hanya nampaling saja tradisi budaya yang hingga sekarang masih terawat di Desa Cikalong. Bahkan jika mau jujur, ketika orang mengatakan ronggeng gunung, pasti yang ada dalam benak masyarakat Pangandaran di Desa Cikalong merupakan pusat kesenian tersebut.

“Diisini juga masih ada gondang, ketuk tilu serta banyak lagi kesenian tradisi daerah yang hingga sekarang masih tetap eksis. “kata Deddi.

Dan yang tidak kalah menarik, para pelaku-pelaku kesenian itu dilakukan langsung para orangtua yang ingatannya masih sangat kental pada dengan tradisi yang mereka miliki.

Walau pun dengan kemajuan jaman, lanjut Deddi, kini di Cikalong pun kini ada regenerasi dengan berdirinya tempat-tempat pelatihan kesenian tersebut.

“Muda-mudahan saja harapan warga Cikalong untuk mempunyai sanggar pusat budaya segera bisa terealisasi. :”pungkas Deddi. (ANTON AS)

Related

budaya 5586677630979922293

Posting Komentar

emo-but-icon

item