Warga Desa Wonoharjo Luapkan Kegembiraan Ikuti Upacara Hari Kemerdekaan RI ke 77

PANGANDARANNEWS.COM - Iringan ribuan masyarakat Desa Wonoharjo Kecamatan Pangandaran nampak memenuhi sepanjang jalan menuju lapang sepak bola untuk melaksanakan upacara peringatkan Hari Kemerdekaan RI ke 77.

Tak hanya kalangan usia muda, para lanjut usia pun ikut berpawai sehingga lapang seluas 2 hektar ini pun penuh oleh lautan masyarakat.

Menurut salah seorang ketua RW, dengan sukarela dan senang hati masyarakat datang ke lapangan dengan hidmat mengikuti prosesi upacara penaikan sang merah putih.

"Warga sangat antusias saat diminta untuk pawai menuju lapang, " ujarnya.(17/08)

Selain didapat dari pemerintah desa, kata dia, biaya untuk pembuatan alat-alat karnaval ini diperoleh dari hasil swadaya warga.

"Untuk keperluan karnaval ini kami mengeluarkan biaya belasan juta, "jelasnya.

Hal senada dikatakan Kepala Desa Wonoharjo, Dede Suprapto mengatakan, menurutnya antusias warga sangat luar biasa untuk mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 17 ini, mulai dari perlombaan-perlombaan yang dilaksanakan di tingkat dusun sampai menjadi peserta karnaval dengan berbagai atribut saat menuju tempat dilaksanakannya upacara kemerdekaan, di lapang Wonoharjo.

“Saya sampai merinding dan terharu, menyaksikan betapa antusianya ribuan warga kami tumpah ke lapang untuk bersama-sama mengikuti upacara kemerdekaan, ”ucap Dede.

Dede mengatakan, warga sudah rindu dengan momen-momen perayaan HUT RI ini karena akibat kondisi pandemi selama dua tahun HUT kemerdekaan ini tidak digelar.

Dengan jumlah penduduk sekitar 11 ribu jiwa, 3 dusun dan 20 RW, Dede mengaku pada momen peringatan HUT RI ke 77 saat ini ribuan warga terlibat langsung dalam penyelenggaraannya, baik menjadi peserta lomba menjelang perayaan, peserta karnaval hingga menjadi peserta upacara pada saat puncak perayaan di lapang sepak bola.

“Saya juga menghimbau agar kondisi di masyarakat tetap kondusif serta tetap menjaga lingkungan masing-masing, dan mudah-mudahan khususnya warga Desa Wonoharjo bisa lebih baik lagi, “uca Dede.

Sementara menurut salahs eorang anggota DPRD dari fraksi PKB, Subariyo, S,Pdi, menuturkan, tentunya peringatan HUT RI ini merupakan bagian warga yang harus betul-betul menjunjung tinggi derajat dan martabat NKRI, salah satunya dengan cara mengedukasi warga supaya lebih paham makna dan arti kemerdekaan itu sendiri, tentunya harus diisi dengan hal-hal positif.

“Seperti menjaga rasa persataun, gotongroyong dan seterusnya, “ungkapnya.

Subariyo menambahkan, nasionalisme di masyarakat tentu tidak pernah diragukan karena terbukti warga denga  antusias mengkuti rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan ini.

“Apalagi seperti kita ketahu momen ini dua tahun kemarin tidak ada karena pandemic covid-19, dan antusias ini seakan meledak ingin meluapkan rasa kegembiraan untuk memperingati hari kemerdekaan, “ucapnya. (PNews)


Related

berita 4710052175477249275

Posting Komentar

emo-but-icon

item