DI OBYEK WISATA KARANGNINI ADA 5 GOA KERAMAT KONON DIPERCAYA MENJADI TEMPAT PESUGIHAN

PANGANDARAN NEWS- Pantai Karangnini yang dikelola PT Perhutani,  menjadi salah satu tujuan wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran dengan gugusan pantainya berkarang dan curam, sehingga keunikannya ini selalu menjadi daya tarik wisatawan.

Obyek wisata yang terletak di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang, sekitar 5 km sebelum masuk wisata pantai Pangandaran ini, selain terkenal dengan pesona alam pantainya ternyata menyimpan cerita berbau mistis, khususnya dengan  keberadaan lima goa keramat yang selma ini konon menjadi tempat pemujaan (pesugihan).

Seperti dijelaskan salah seorang warga Emplak, sebut saja Ujang (nama samaran-red), yang menuturkan  pada PNews, ia hampir setiap hari bolak-balik ke lokasi pesugihan menjual jasa angkutan (ojek) untuk mengantarkan tamu-tamu menuju goa keramat.

"Ditempat ini ada lima goa keramat yang dijadikan tempat pesugihan, “terang Ujang. (23/1)

Biasanya, kata Ujang, yang datang kesana orang-orang yang sudah gelap mata karena terlilit hutang, usahanya bangkrut atau karena memang ingin cepat mendapat kekayaan dengan cara gampang.
Masih cerita Ujang, dari kelima goa keramat yang ada di obyek wista Karangnini ini, biasanya goa yang sering dikunjungi para tamu itu goa keramat nomer dua, tiga dan lima, semuanya goa tersebut lokasinya berada di pinggir pantai.

Di goa nomer dua, katanya, untuk memperolehan uang ghoib, dan biasanya di goa itu harus tidur satu hingga tiga malam untuk memperoleh yang diinginkannya. Dan disana para tamu biasanya akan dibekali petuah dari juru kunci agar bisa lancar dalam melaksanakan ritual pemujaan.

Tapi dari semua yang datang, lanjut Ujang, belum tentu berhasil, mungkin tergantung nasib dan rejeki mereka masing-masing.

"Biasanya yang datang dari luar daerah, bahkan dari luar jawa pun pernah ada."imbuh Ujang. (AGE)


Related

berita 2409170056432522819

Posting Komentar

emo-but-icon

item