Di SMP Negeri 1 Cimaragas, Kegiatan Ekstrakurikuler Jadi Pilihan Minat Untuk Kembangkan Bakat Siswa

PANGANDARANNEWS.COM/CIAMISNEWS – Ada beberapa pilihan untuk menyalurkan minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Pramuka, Drumband, Palang Merah Remaja (PMR), pelatihan percakapan berbahasa inggris atau pilihan kegiatan positif lainnya. Dan salah satu kegiatan tersebut barangkali merupakan bakat dan minat siswa untuk meraih prestasi.

Demikian disampaikan Kepala SMP Negeri Cimaragas Kabupaten Ciamis, Asep Sulur Mulyadi, S,Pd, terkait sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan media belajar berorganisasi dan sosialisasi para peserta didik di sekolahnya.

Kata Asep, sudah banyak siswa yang meraih prestasi, seperti Paskibra  SMP Negeri 1 Cimaragas yang setiap perngatan HUT Kemerdekaan 17 Agustus selalu dari SMP N 1 Cimaragas, begitu juga dengan pramuka dan drum band.

Menurut Asep. salah satu tujuan kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk melatih kemampuan bekerjasama antara siswa, hal ini menjadi penting untuk bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Misal, nanti saat sudah selesai sekolah siswa harus mampu berbaur baik dengan teman-teman SMA atau pun saat kuliah. Dan setelah lulus kuliah pasti bekerja dan mau tidak mau harus bisa melakukan kerja tim dengan orang lain.

“Nah, di ekstrakurikuler ini merupakan kesempatan siswa untuk melatih kemampuan bekerjasama agar nantinya tidak kaget saat turun langsung ke masyarakat, “ucap Asep.(23/08)

Selain itu, Asep menyebut, ekstrakurikuler juga bisa membentuk potensi yang dimiliki siswa, karena pilihan dalam ekstrakurikuler tersebut bisa jadi adalah bakat dan minat yang paling menonjol. Oleh karena itu siswa bebas memilih kegiatan ekstrakurikuler ini sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

Misalnya seorang siswa suka petualangan, maka, kata Asep, bisa ikut ekstrakurikuler pecinta alam atau pramuka. Begitu juga dengan hobi lainnya, seperti seni musik, seni tari atau jenis kesenia lainnya. Dan saat mengikuti ekstrakurikuler tersebut tentu ini akan melatih semua bakat dan potensi dalam diri siswa sehingga bisa lebih terarah dan berkembang, siapa tahu di masa depan bisa menjadi profesi yang bisa dibanggakan. 

Asep menambahkan, untuk siswa yang cenderung pendiam dan pemalu di dalam kelas, ekstrakurikuler bisa menjadi solusi karena nantinya akan menemukan teman baru yang punya hobi sama. Hal ini bisa membantu siswa untuk belajar berorganisasi, melatih tanggung jawab serta kemandirian, berkumpul dan bersosialisasi. Selain itu, sikap kepemimpinan pun bisa terlatih karena hal itu akan menjadi bekal yang bagus untuk siswa setelah lulus sekolah nanti. Dan jika siswa ikut ekstrakurikuler tertentu di sekolah secara otomatis akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap sesuatu dan menjadi mandiri. Karena pada setiap aktivitas ekstrakurikuler akan dikelola dan diurus sendiri oleh para siswa sedangkan guru hanya menjadi pembinanya saja. Pada setiap ada kegiatan tertentu pada ekstrakurikuler yang diikuti siswa, maka siswa dan teman-teman sekelas yang akan mengurus semuanya.

“Dengan begitu siswa akan belajar untuk bertanggungjawab melakukan sesuatu pekerjaan hingga selesai, sehingga siswa pun bisa menjadi lebih mandiri dengan mengurus acara dalam ekstrakurikuler tersebut, “terang Asep. (anwarwaluyo)


Related

TASIK NEWS 6948711831516445471

Posting Komentar

emo-but-icon

item