Berternak Madu Tuweul di Pekarangan Rumah, Kiat Usaha Rumahan Paryati di Desa Sukaresik

PANGANDARANNEWS.COM – Sudah bukan rahasia lagi jika banyak sekali khasiat yang bisa diambil dari madu Teuweul, dengan rasa manis asem seger madu ini berkhasiat baik untuk kesehatan atau pun kecantikan,  antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, mengatasi kelelahan otot dan syaraf serta menghasilkan tenaga baru.

Madu yang dihasilkan dari teuweul ini biasa diternak di pekarangan atau belakang rumah dengan sarang berupa kotak kayu atau bambu yang menjadi sarang sekaligus tempat untuk menghasilkan madu.

Menurut salah seorang peternak madu Teuweul di Rt 01 Rw 01 Dususn Ciheras Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran, Dra. Paryati (60), dari sekitar 250 kotak sarang Teuweul yang ia pelihara dalam waktu 3-5 bulan bisa menghasilkan sekitar 4 liter.

“Madu ini saya kemas dalam botol yang berisi 620 gram dengan harga jual Rp 300 ribu, “terang Paryati. (27/08)

Tak hanya madu Teuweul, kata Paryati, di rumahnya ia juga memproduksi jahe merah yang sudah dihaluskan dan dikemas dalam beberapa kemasan, Gula semut aren, madu tawon, madu odeng dan emping melinjo.

Seperti diketahui, minuman berbahan jahe merah ini merupakan minuman menyehatkan dengan rasa dan aroma yang bisa menghangatkan tubuh.

“Ini semua asli produk rumahan saya, dengan menggunakan merek Mulia, “terangnya.

Paryati juga mengatakan jika usahanya ini menjadi salah satu produk unggulan dari kelompok Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Kabupaten Pangandaran, dan ia pun mengaku sering mendapat pelatihan baik dari pemda atau pihak pelatihan lainnya. 

“Kami jamin semua produksi saya ini tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia lainnya, jika berminat silahkan datang langsung ke rumah produksi saya di Desa Sukaresik, “jelasnya.(PNews)

SEJUMLAH PRODUK RUMAHAN IBU PARYATI 











Related

berita 5404084662262528799

Posting Komentar

emo-but-icon

item