LUAR BIASA ! PAGELARAN BUDAYA PANGANDARAN PUKAU PENONTON

PANGANDARAN-Luar biasa ! begitulah ungkap salah seorang penonton saat menyaksikan pagelaran budaya dalam rangkaian acara menyambut peringatan Milangkala Hari Ulang Tahun Kabupaten Pangandaran ke 5 di area parkir pantai barat.(18/10)

Berbagai atraksi budaya yang ditampilkan dari 10 kecamatan, menjadi suguhan tontonan menarik bagi  masyarakat yang memang mempunyai apresiasi pada seni budaya.

Walau hujan gerimis masih turun saat pagelaran berlangsung , tapi sorak sorai penonton tetap terdengar usai para seniman memperlihatkan kebolehannya dalam menampilan budaya menjadi sebuah tontonan yang mengasyikan.

Ada tarian sunda klasik, tari topeng, badud, ruyung buntung, denting kecapi dan tembangnya yang sarat petuah, debus, kuda lumping dan banyak lagi, yang kesemua itu mencermin perkembangan seni budaya di setiap daerah di Pangandaran terus hidup dan berkembang.

Ada benarnya apa yang dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizward saat melakukan kunjungan ke Pangandaran beberapa tahun lalu. Saat itu Deddy Mizward memastikan, budaya di Kabupaten Pangandaran akan tetap hidup dan berkembang karena memang pelakunya masih ada, peduli dan tetap melakukan kegiatan seni budaya.

“Saya optimis, suatu saat budaya di Pangandaran bisa menjadi salah satu asset kepariwisataan. “ujarnya saat itu.

Sementara menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Drs. H. Undang Sohbarudin, panggung pagelaran ini digelar diantara 55 stan peserta Pangandaran Fair 2017 untuk menampilkan aktrasi budaya dari masing-masing kecamatan masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran.

Menurutnya, ini merupakan ajang informasi, edukasi sekaligus promosi kepariwisataan Pangandaran.

“Pameran ini akan berlangsung 4 hari  ke depan. “terangnya.

Dan pada hari sabtu (21/10), lanjut Undang, akan digelar juga karnaval budaya, pagelaran budaya, napak jagad yang akan dimeriahkan dengan penampilan artis Doel Sumbang. (hiek)

Related

berita 1340781139874341599

Posting Komentar

emo-but-icon

item