Hujan Deras Guyur Kabupaten Pangandaran, Sejumlah Ruas Jalan Terendam Banjir

PANGANDARANNEWS.COM - Curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejak hari Rabu (21/9/) membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Pangandaran terendam banjir, sehingga tak sedikit  jalan tertutup.

Beberapa jalan, seperti  jalan Kabupaten Pangandaran yang menghubungkan Desa Parigi di Dusun Purwasari, Desa Parigi menuju Desa Karangbenda dan Desa Parakanmanggu, jalur tersebut merupakan akses menuju pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran atau Kota Baru yang ada di Desa Cintakarya serta akses menuju Langkaplancar dan Cigugur.

Dari pantauan di lapangan pada Kamis (22/9/) siang pukul 10.30, akses jalan Cijalu masih terendam banjir dengan kedalam air sepaha orang dewasa sehingga warga yang melintas pun harus menggunakan kendaraan ojeg dengan harga berbeda pada hari baisa.

Seperti dituturkan salah seorang warga setempat, Maman (63), akses jalan yang tertutup banjir diperkirakan sepanjang 300 meter dan banjir mulai merendam jalan Cijalu sekitar pukul 04.30 setelah subuh.

Maman mengatakan, jalan Cijalu ini diapit oleh dua lahan sawah di samping kanan dan kiri jalan, dan saat terjadi hujan lebat luapan sungai dari hulu Ciwayang meluap ke area sawah sehingga menutup akses jalan.

"Di jalan Cijalu ini sudah jadi langganan banjir apabila curah hujan tinggi dan air sungai meluap," ungkap Maman. (22/9/2022).

Maman mengatakan, apabila warga ingin melewati jalur tersebut harus menggunakan ojeg roda yang disiapkan warga setempat dengan membayar Rp 10 ribu, tergantung beban yang dibawa.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Kustiman mengatakan, akses jalan Kabupaten Pangandaran di Cijalu merupakan kiriman dari hulu sungai Citonjong dan sungai Cijulang. Dan daerah lain yang terdampak untuk akses umum diantaranya warga Desa Parakanmanggu, Cintakarya, Karangbenda, dan Desa Parigi.

Hasil asesmen tim BPBD, terang Kustiman, ketinggian air dijalan tersebut sekitar 30-60 cm, dan tidak menimbulkan korban jiwa.

“Yang terdampak banjir ini diantaranya jalan akses warga, pesawahan dan tanah ladang, “ucapnya. (PNews)


Related

berita 1968273183335567698

Posting Komentar

emo-but-icon

item