Nelayan Pangandaran Gaet Panopang Gelar Hajat Laut tanggal 11-12 Agustus 2022

PANGANDARANNEWS.COM – Sejatinya Hajat Laut merupakan wujud rasa sukur para nelayan atas rizki yang selama ini diperoleh dari hasil tangkapan ikan di laut. Namun sejalan dengan perjalanan waktu di Kabupaten Pangandaran kini tak hanya nelayan yang mengantungkan usahanya di laut karena baik langsung atua tidak masyarakat yang bermukim di sekitar pantai juga bisa turut merasakan limpahan rejeki dampak dari anugerah Tuhan dengan memberikan alam indah pantai yang telah menjadikan Pangandaran sebagai destinasi (tujuan) wisata baik domestik atau mancanegara.

Bermacam-macam usaha selain nelayan, sebut saja hotel, restoran, pedagang ikan/asin, pedagang makanan, penyewaan sepeda, motor dan masih banyak lagi usaha yang semuanya bersumber dari keberadaan laut, dan di Pangandaran laut (pantai) malah menjadi sektor usaha andalan dalam peningkatan roda ekonomi masyarakat.

Demikan disampaikan kordinator acara Paguyuban Nonoman Pangandaran (Panopang), Edi Rusmiadi, salah seorang pengagas acara hajat laut di Pangandaran kepada PNews saat bincang-bincang di teras rumahnya di jalan Kidang Pananjung.(08/08)

Menurut Edi, hajat laut merupakan tradisi para nelayan dalam rangka mewujudkan rasa sukur atas limpahan rejeki yang mereka terima dan ini sudah dilakukan turun temurun entah sejak kapan.

Kegiatan hajat laut ini kata Edi sudah menjadi sebuah adat/budaya dan tradisi ini akan jadi budaya selama kebiasaan (pemahaman, perilaku, dan kegiatan) tersebut terus dijalankan. Upaya dalam pelestarian budaya diantaranya harus melibatkan masyarakat sebagai pelaku dari tradisi itu sendiri sesuai dengan proporsinya dan sejalan dengan perjalanan waktu tradisi ini tentu dapat dikembangkan dengan kemasan serta sentuhan seni dan kreatifitas agar memiliki daya Tarik juga mempunyai nilai jual tentu dengan tidak meninggalkan pakem (ketentuan) yang sudah menjadi ciri khasnya.

“Kami berkeyakinan langkah-langkah ini dapat mencapai tujuan dengan apa yang dimaksudkan dalam selogan melestarikan budaya bangsa, “ucap Edi.

Edi Rusmiadi
Pelestarian sebuah budaya, menurutnya, berawal dari sebuah tradisi dan tradisi itu sendiri merupakan kebiasaan yang ada di nasyarakat yang sudah dilakukan secara turun temurun, baik itu berupa pemahaman, prilaku maupun tradisi. Dan di Pangandaran ada sebuah prilaku untuk menunjukan rasa syukur kepada Sang Pencipta Alam yang sudah memberikan berkah dalam kehidupan dengan adanya rezeki hasil laut, perilaku tersebut diwujudkan mereka namakan hajat laut yang rutin dilakukan sekali dalam setahun yakni setiap hari Jum'at Kliwon pada Muharram. 

Edi juga memaparkan, hajat iaut merupakan sebuah ritual yang dipimpin oleh beberapa sesepuh adat yang dipercaya dan dianggap mampu dengan rangkaian kegiatan utamanya yaitu membuat Dondang (keranda) sebagai tempat menyimpan berbagai macam sesaji. Kemudian ada ijab Dongdang, Kemitan Dongdang dan larung Dongdang. 

“Kegiatan entah sejak kapan dimulainya karena sudah berjalan secara turun-temurun serta pemahaman terhadap hal itu pun masih ada di masyarakat sampai saat ini, “papar Edi.

Edi mengatakan, hampir di semua tempat daerah pesisir yang ada di kehidupan nelayannya mempunyai tradisi yang sama walaupun nama, pemahaman masalah, waktu dan bentuk kegiatannya berbeda-beda. Dan tentu ini merupakan khazanah kekayaan budaya masyarakat pesisir.

Edi juga menyebut, melalui hajat laut bertujuan menggali kembali tradisi yang sudah ada di masyarakat serta memperkenalkan tradisi leluhurnya kepada generasi dengan harapan tradisi tersebut tetap terjaga dan lestari serta merupakan momen yang baik untuk menjadi media silaturahmi antar warga masyarakat untuk tetap menumbuhkan kebersamaan, keakraban, kekompakan, kekeluargaan dan kegotong-royongaan (kaguyuban) yang menjadi manipestasi dari sebuah kearifan lokal.

“Dan Insaalloh hajat laut Pangandaran tahun ini akan dilaksanakan tanggal 11-12 agustus berlokasi di pantai barat, “terangnya. (PNews)

ini susunan acara Hajat Laut Pangandaran




Related

berita 4718433689163823333

Posting Komentar

emo-but-icon

item