Di Tangan Uyung Pengrajin Asal Sodonghilir, Janur Kelapa Bisa Jadi Kerajinan Topi Cantik dan Unik

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS – Seorang pengrajin pembuat topi dari bahan daun kelapa, Uyung, warga Dusun Cipaseh Desa Raksjaya Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, dengan keterampilannya berhasil membuat kreasi unik bermacam-macam topi. Topi buatannya ini banyak digenari masyarakat karena bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti ke ladang, kebun bahkan untuk bergaya.

Saat ditemui di rumahnya kepada PNews Uyung menuturkan, topi buatanya ini berbahan baku daun kelapa muda (janur) yang teksturnya karena janur ini tidak keras sehingga mudah untuk dianyam dan  dibentuk.

Dengan mengunakan pisau janur dipotong atau dibelah dua bagian kemudian pelepah dibuat tipis agar lebih mudah saat dibentuk lingkaran sesuai dengan ukuran kepala, lalu potong dan ikat dengan tali, 

“Kemudian daun kelapa tersebut dianyam, satu pelepah daun kelapa bisa untuk satu buah topi, “terang Uyung.(09/08)

Uyung mengatakan, topi buatannya ini selain sering diikutsertakan dalam pameran-pameran di Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya juga akan digunakan masyarakat dalam memeriahkan hari kemerdekaan 17 Agustus yang ke 77. 

Selain membuat topi Uyung juga dikenal sebagai pengrajin peralatan dapur seperti asepan (alat untuk memasak nasi) dan kerajinan anyaman lainnya. (anwarwaluyo)


Related

TASIK NEWS 422281663583289031

Posting Komentar

emo-but-icon

item