Akibat DAU dan Bankeu Provinsi Alami Penurunan, Pemkab Pangandaran Alihkan APBD Untuk Penanganan Pandemi

PANGANDARANNEWS.COM - Pendapatan Transfer yang bersumber dari DAU dan Bantuan Keuangan Provinsi Mengalami Penurunan, dan disisi lain APBD pun masih difokuskan untuk menangani pandemi covid-19. Hal ini tentu berimbas pada pemetaan anggaran yang mau-tidak-mau harus digeser atau dialihkan dalam rangka percepatan penanganan pandemi serta mendukung pemulihan perekonomian nasional.

Demikian disamp[aikan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat mengikuti rapat paripurna DPRD pada acara penyampaian rekomendasi DPRD Kabupaten Pangandaran terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Pangandaran tahun anggaran 2021, bertempat di gedung paripurna DPRD.(25/04) 

“Dan penurunan ini tentu menimbulkan konsekuensi terhadap penyelenggaraan pemerintahan,  salah satunya terhadap realisasi atau pelaksanaan program kerja, “ucap Jeje. 

Namun walau pun demikian, Jeje tetap mengapresiasi dan berterimakasih serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pimpinan dan anggota DPRD, khususnya kepada Pansus LKPJ yang telah mencurahkan tenaga, waktu dan pikirannya untuk membahas dokumen LKPJ secara seksama, penuh ketelitian dan kecermatan, sehingga pada hari ini dapat menyampaikan rekomendasinya kepada pemerintah daerah.

LKPJ ini menurut Jeje merupakan bagian dari tanggungjawab bersama dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan mampu menjawab segala tuntutan secara cepat, dan efisien sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. Sehingga dalam upaya memupuk semangat tersebut, pemerintah daerah senantiasa berupaya untuk menyajikan dokumen LKPJ secara terperinci, informatif, jelas dan sesuai dengan sistematika yang diamanatkan dalam permendagri nomor 18 tahun 2020.

Dan berkaitan dengan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ tahun anggaran 2021, Jeje menyampaikan antara lain, berkaitan dengan optimalisasi capaian target PAD sebagaimana dimaklumi bersama, karena adanya pandemi covid-19 telah mengakibatkan penurunan pendapatan daerah sejak dua tahun ke belakang. Namun demikian berkat usaha bersama yang tidak kenal lelah, seiring membaiknya pandemi covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD) mulai menunjukan peningkatan terutama dari sektor retribusi daerah.

Jeje optimis, tahun ini dan tahun mendatang seiring dengan melandainya wabah covid-19, kami telah dan akan menyiapkan berbagai strategi serta kebijakan untuk meningkatkan PAD agar sampai pada titik optimalnya, termasuk dengan dibentuknya badan pendapatan daerah Bapenda.

“Pembentukan Bapenda ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mengoptimalkan pendapatan daerah melalui perangkat daerah yang khusus bertugas meningkatkan pendapatan asli daerah," kata Jeje.

Selanjutnya, berkaitan dengan adanya perbedaan data antara yang tercantum di dalam dokumen LKPJ dan data dari perangkat daerah, Jeje menyampaikan penyusunan dokumen LKPJ ini telah melalui tahapan verifikasi yang berjenjang, sehingga sudah dilakukan harmonisasi dan sinkronisasi dari perangkat daerah terkait. Namun demikian apabila masih terdapat hal-hal yang kurang sesuai, maka hal tersebut dikarenakan belum dilakukannya audit (unaudit) oleh BPK RI.

Dan terkait honor-honor yang belum dibayarkan, Jeje menyebut itu merupakan bagian dari kewajiban pemda untuk menyelesaikannya, tentunya dengan memperhitungkan kemampuan keuangan daerah dan arus kas. 

Dan terkait poin-poin rekomendasi, imbuhnya, ia juga menerima masukan ini sebagai upaya untuk perbaikan kedepan dan sebagai bahan pertimbangan dalam perumusan segala kebijakan. 

Jeje meyakini rekomendasi ini merupakan bentuk kepedulian wakil rakyat terhadap penyelenggaraan pemerintahan sekaligus menjalankan fungsi checks and balances agar terpeliharanya keseimbangan dalam kehidupan demokrasi di Kabupaten Pangandaran. 

"Sekali lagi saya mengapresiasi dan berterimakasih serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD yang telah mendedikasikan waktu, tenaga dan pikirannya hingga tercapainya kemajuan-kemajuan dan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Pangandaran, pungkasnya. #PNews







Related

Jendela Parlemen 6537093598385949132

Posting Komentar

emo-but-icon

item