Antisipasi Kemacetan Libur Lebaran Tahun Ini Polres Pangandaran Siapkan Sejumlah Rekayasa Lalu-Lintas

 AKBP Hidayat: “Arah pulang wisatawan dari Ciamis, Tasikmalaya, Bandung hingga Jakarta masuk Desa Selasari-Langkaplancar dan keluar di dari Cikohkol Banjarsari

Pangandarannews.com – Menjelang hari raya Idul Fitiri 1443 H tahun 2022 Polres Pangandaran siapkan beberapa rekayasa jalur lalu-lintas akses masuk ke objek wisata.

Seperti disampaikan Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, jelang libur lebaran sejumlah objek wisata yang ada di Pangandaran diprediksi akan dipenuhi wisatawan, terutama kawasan pantai barat Pangandaran, sehingga untuk mengatisipasi kemacetan di jalur-jalur tertentu seperti yang terjadi di tahun sebelumnya, Polres Pangandaran pun telah menyiapkan beberapa rekayasa.

"Seperti untuk pintu masuk, kendaraan wisata dengan contra flow dan di pintu utama pantai barat Pangandaran dibagi menjadi 3 gate masuk dan 1 gate keluar dan satu gate untuk kendaraan motor, 2 gate untuk mini bus dan bus besar, "terang AKBP Hidayat. (19/4)

Sementara untuk pintu masuk jalan Cikidang menuju jembatan merah pantai timur akan dikhususkan kendaraan pribadi dan gate masuk pintu timur dikhususkan kendaraan pribadi dan warga lokal.

AKBP Hidayat menyebut mengatakan, untuk rekayasa arus lalu lintas saat situasi normal kendaraan dari arah Banjar maupun Jawa Tengah masuk melalui pintu pintu masuk utama, yang hanya dilalui Bus dan kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk rekayasa arus dengan kontra flow pemberlakuan one way masih menggunakan jalur yang sama, masuk dari gate utama lalu belok kiri ke Jalan Baru Bulak Laut kemudian ke Jalan Kidang Pananjung menuju pantai barat.

“Namun bisa juga belok kiri lagi ke Jalan Pengadilan Lama kemudian menuju pantai timur, "jelasnya. 

Kapolres menambahkan untuk kanalis parkir di jalan Kidang Pananjung karena hanya 2 lajur dan banyak ditemukan parkir liar sehingga harus diarahkan ke kantor parkir atau menuju lapang Katapangdoyong di pantai timur.

Sedangkan untuk kendaraan arah keluar dipersiapkan 3 jalur, pintu utama gate, Alun-alun Paamprokan sampai dengan Wonoharjo dan Pintu Cikembulan, lalu ke arah pulang wisatawan yang dari Ciamis, Tasikmalaya, Bandung hingga Jakarta akan masuk ke Jalan Karangnangka, Desa Selasari, Kecamatan Parigi melalui Jalan Langkaplancar dan keluar dari Cikohkol, Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

“Bagi wisatawan yang akan pulang, pada lajur arah punag tersebut banyak objek wisata yang dilalui seperti pantai Batuhiu, Green Canyon, Batukaras, Citumang dan Santirah, “kata Kapolres. #PNews


Related

berita 2840837026172424630

Posting Komentar

emo-but-icon

item