Desa Emplak, Desa ke 43 Lakukan Deklarasi ODF di Kabupaten Pangandaran

Pangandarannews.com – Setelah sebelumnya sejumlah desa mendeklarasikan sebagai desa Open Defecation Free (ODF), kini giliran Desa Emplak Kecamatan Kalipucang melakukan hal serupa. Dan Desa Emplak ini merupakan desa ke 43 dari 93 desa yang ada di Kabupaten Pangandaran. 

Kegiatan yang digelar di aula desa ini dihadiri langsung Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Ketua Tim Pengerak PKK Kab. Pangandaran Hj. Ida Nurlela Wiradinata, Camat Kalipucang, Perwakilan Dinas Kesehatan dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Kalipucang.

Dalam sambutannya Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar lagi di sembarangan tempat.

ODF juga, kata bupati mampu menciptakan masyarakat yang sehat atau menjaga derajat kesehatan warga yang baik, dan tentu ini tidak hanya cukup dengan membangun puskesmas saja. 

“Salahsatu faktor yang menentukan indeks kesehatan masyarakat adalah faktor kesehatan lingkungan harus tetap terjaga dengan baik," ucap bupati.(18/04)

Bupati menambahkan, kesehatan lingkungan berbasis sanitasi merupakan terciptanya lingkungan yang  sehat salahsatunya yang paling utama dengan tidak buang air sembarangan, karena dengan buang air besar sembarangan dapat menimbulkan persoalan baik kebersihan atau pun kesehatan.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat agar menjaga lingkungannya masing-masing, “imbuhnya.(isiskoswara)

  


Related

berita 7206137768712016754

Posting Komentar

emo-but-icon

item