SEJUMLAH MAHASISWA UNIGAL CIAMIS LAKUKAN PENANAMAN MANGROVE DI KAWASAN PANTAI BOJONGSALAWE PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS.COM  - Beberapa beberapa hari lalu mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) prodi Ilmu Pemerintah Universitas Galuh (Unigal) Ciamis didampingi warga Pangandaran melakukan  penanaman bibit mangrove bertempat di Pantai Bojong Salawe Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.(27/03)

Tujuan kegiatan ini untuk mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) Point ke-14 tentang ekosistem lautan.

Seperti disampaikan Ketua Pelaksana Mangrove Planting Syara Agita, mangrove Planting merupakan bentuk realisasi program kerja Departemen Sosial Politik Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan (HMP IP) untuk mengembalikan fungsi hutan mangrove yang di beberapa lokasi mengalami degradasi, sehinggfa kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat, baik dari segi ekologis, fisik  maupun segi ekonomis.

Syara mengatakan, dalam kegiatn ini dihadiri 150 orang yang terdiri dari internal maupun ekternal kampus dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan selain penanaman mangrove peserta juga diberikan edukasi soal perawatan serta pentingnya dalam menjaga kelestarian lingkungan laut.

"Edukasi ini menjadi penting, karena jangan hanya tahu proses menanam saja, tapi harus memahami juga lingkungan salahsatunya yang harus diketahui terkait menjaga ekosistem, khususnya jenis mangrove yang kita tanam," ujar Syara.

Dengan adanya mangrove planting ini, kata Syara juga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat baik masa kini maupun untuk generasi yang akan datang, karena tanaman mangrove ini mampu menjadi salah satu penopang pemanasan dari perairan laut. 

"Bukan hanya itu, mangrove juga berperan untuk mengatasi banjir khususnya pada masyarakat di kawasan pesisir yang biasanya bekerja sebagai nelayan," imbuh Syara. (PNews)


Related

berita 6048673620349673931

Posting Komentar

emo-but-icon

item