GELAR DOA’ BERSAMA DAN KEGIATAN SOSIAL, SYUKURAN NELAYAN PANGANDARAN DI MASA PANDEMI DIGELAR SEDERHANA

PANGANDARANNEWS.COM – Sudah dua tahun ini syukuran nelayan di Kabupaten Pangandaran tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu meriah denga berbagai kegiatan, di saat pandemi covid-19 ini syukuran nelayan digelar secara sederhana hanya dengan gelaran doa’ bersama itu pun dengan jumlah undangan terbatas.

Seperti disampaikan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, saat menghadiri doa’ dalam acara syukuran nelayan beberapa hari lalu di Plaza Air Mancur Pantai Timur Pangandaran, kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini banyak kebutuhan masyarakat yang terhambat secara ekonomi.

“Biasanya dilakukan tabur bunga di pantai sebagai wujud penghormatan kami pada para nelayan yang gugur saat melaut, “ucap Jeje.(11/9)

Bupati juga mengajak kepada seluruh nelayan untuk tetap menjaga ekosistem dan alam ini agar tangkapan ikan kembali banyak, benahi cara menangkap ikan dan memanaatkan alam laut  agar ikan tidak semakin jauh dari pantai.

Sebagai Ketua HNSI dan ketua KUD, kata Jeje ia merasa sedih, karena hari ini udang lobster jadi susah didapat, setiap tahunya KUD Minasari biasanya Rp. 3-4 miliar per tahun, kini tidak tercapai.

“Ini akibat baby lobster terus menerus ditangkap, jadi buat apa kita menggelar syukuran nelayan kalau eksploitasi nelayan ini enggak keru-keruan,” ucapnya.

Usai doa bersama Bupati bersama istri Hj Ida Nurlaela Wiradinata berkesempatan memberikan  bantuan paket sembako kepada anak yatim piatu dan fakir miskin.

Hal senada dikatakan Wakil Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran Fuad Husein juga mengakui syukuran nelayan sekarang ini memang tidak semeriah syukuran nelayan tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, ini untuk menghargai kebijakan pemerintah saat kondisi pandemi Covid-19 masih dalam masa PPKM sehingga syukuran pun dilaksanakan secara sederhana.

Di masa pandemi ini, kata Fuad, nelayan juga telah bisa memberikan kontribusi pada pelaku usaha serta mampu menjadi bagian dalam pengembangan di sektor pariwisata.

"Kami ingin memberikan menjadi bagian dari pengembangan pariwisata Pangandaran," ucapnya. (PNews)


Related

berita 8262841780874457750

Posting Komentar

emo-but-icon

item