BMKG KELUARKAN PERINGATAN DINI POTENSI GELOMBANG TINGGI DI PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS.COM – Dalam keterangan tertulisnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telh mengeluarkan peringatan dini terkait adanya potensi gelombang tinggi di perairan laut Pangandaran yang berlaku tanggal 1-2 agustus 2021 pukul 07 WIB.

Pada keterangan BMKG tersebut menyebutkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari arah Selatan Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, angin dominan bergerak dari Timur Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, dan kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, dan Perairan selatan Banten.

Diperkirakan tinggi gelombang bisa mencapai 4,0 - 6,0 meter dengan kategori sangat tinggi, dan berpeluang terjadi di beberapa daerah di antaranya, Perairan Selatan Sukabumi; Perairan Selatan Cianjur; Perairan Selatan Garut; Perairan Selatan Tasikmalaya; Perairan Selatan Pangandaran; Perairan Selatan Cilacap; Perairan Selatan Kebumen; Perairan Selatan Purworejo; Perairan Selatan Yogyakarta.

BMKG juga meyampaikan agar masyarakat memperhatikan risiko keselamatan pelayaran, dan untuk perahu nelayan, perkiraan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter. Sedangkan untuk kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot, dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter. Sementara kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot, dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

Untuk kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter. 

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang barpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (PNews)


Related

berita 3105119357549036471

Posting Komentar

emo-but-icon

item