MASAGI GELAR AUDENS DENGAN DISHUB PANGANDARAN BAHAS SEJUMLAH PJU PADAM

PANGANDARANNEWS.COM - Mahasiswa Parigi (MASAGI) siang tadi melakukan audensi terkait penerangan jalan umum (PJU) yang ada di Kecamatan Parigi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran, bertempat fi Kantor Dishub di Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih. (08/07)

Usai audens, ketua MASAGI Tian Kadarisman, mengatakan dari 10 desa yang ada di Kecamatan Parigi, ada beberapa titik PJU yang sudah lama mengalami kerusakan, bahkan ada wilayah yang belum terpasang  PJU, sehingga dengan kondisi gelap jalan di wilayah tersebut tak jarang terjadi kejadian tindakan kriminal dan kecelakaan.

“Contohnya di desa Cintakaraya, di desa tersebut sering kejadian tindakan kriminal dan kecelakaan, “kata Tian.

Kecamatan Parigi merupakan ibu kota kabupaten, meenurut Tian, tidak elok jika  banyak PJU yang padam.

Kata Tian, ada sejumlah tuntutan yang disampaikan MASAGI, pertama mendorong Dinas Perhubungan segera memperbaiki PJU, kedua, mendorong Kepala Dinas Perhubungan bertanggung Jawab untuk segera mengadakan PJU dibeberapa titik yang hingga saat ini masih gelap, ketiga, Dinas Perhubungan bertanggung jawab atas perawatan PJU dan yang keempat, mendorong Dinas Perhubungan untuk segera memberikan edukasi terkait pentingnya PJU di Kabupaten Pangandaran.

Sementara Sekretaris Dinas Perhubungan, Ling Ling Nurgaha Senjaya yang didampingi Kepala bidang sarana dan keselamatan Kusnaya dan kepala seksi prasarana dan pengembangan Yadi Haryadi, kepada Masasgi peserta  audens, menyampaikan terima kasih kepada Masagi yang sudah datang untuk bersiraturahmi dan menyampaikan aspirasinya.

Kata Ling Ling, ada tiga instansi yang berwenang mengurus PJU, ada PJU merupakan aset Kementrian, aset Pemprov Jabar dan aset Pemkab Pangandaran, dari ketiga aseet itu mempunyai kewenangan yang berbeda.

“Jadi saat PJU aset  kementrian atau provinsi rusak tentu kami  tidak memiliki Kewenagan untuk memperbaikinya, kecuali  dengan Provinsi atau Kementrian ada MoU, “terang Lingling.

Sementara untuk perawatan atau perbaikan PJU aset milik Pemkab Pangandaran, Liling mengatakan   pihaknya akan segera memperbaikinya.

Lebih jauh Liling menjelaskan, saat ini ada 600 PJU yang mengalami kerusakan dari total 2221 PJU aset Pemkab Pangandaran yang tersebar di 10 kecamatan.

“Saat ini ada 412 PJU yang sudah kami perbaiki, “terang Liling lagi.

Ada beberapa penyebab padamnya PJU tersebut, diantaranya kata Lingling, banyaknya pencurian  mesin dan accu yang dilakukan oknum yang tak bertangungjawab.

Disoal anggaran untuk PJU, Liling mengatakan saat ini Dinas Perhubungan mempunyai anggaran Rp  180 juta untuk pemperbaikan PJU, sementara di sisi lain Dishub juga kekurangan sumber daya manusia (SDM) untuk bisa menyelesaikan permasalah-permasalah tersebut.

Sementara Kabid Sarana dan Keselamatan, Kusnaya menambahkan, ia mengaku merasa terbantu dengan kedatanagan MASAGI ke kantor Dishub, karena dengan audens ini bisa saling berkelaborasi untuk kemajuan Kabupaten Pangandaran.

“Dan khusus untuk PJU yang ada di Kecamtan Parigi kami akan segera menindaklanjuti, “ungkapnya. (YUSUPSIDIK)


Related

berita 4542661679697020907

Posting Komentar

emo-but-icon

item