MENENGOK GELIAT PEMBAGUNAN DI DESA CIPAINGEN

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian pedesaan khususnya di  Desa Cipaingeum Kecamatan Sodong Kabupaten Tasikmalaya, diperlukan perbaikan sarana infrastruktur pendukung, seperti sarana jalan yang memadai untuk transportasi masyarakat yang akan menunjang pertumbuhan ekonomi. Dan untuk keperluan tersebut tahun ini Desa Cipaingen mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) tahap 1 untuk perbaikan sarana transportasi ini.

Seperti disampaikan Kepala Desa Cipaingeun, Jeni Jaelani, pihaknya saat ini tengah fokus secara bertahap membangun jalan yang mejadi salah satu upaya menunjang aktivitas masyarakat dan penghubung jalan lingkungan desa, jalan Kedusunan Cihanggor.

“Saya berharap warga ikut berperan dan pro-aktif mendukung pelaksanaan pekerjaan itu, “kata Jeni, lewat sambungan teleponnya.(10/5)

Sebab menurutnya, salah satu indikator keberhasilan pembangunan desa adalah bisa meningkatnya pemberdayaan masyarakat desa karena peran aktif masyarakat mutlak diperlukan.

Begitu juga dengan peran pemuda, kata Jeni harus tampil kreatif mempersiapkan diri untuk menjadi penerus kepemimpinan dan pelaku pembangunan di masa mendatang. 

Jeni mengatakan, dalam konsep desa membangun dengan keterlibatan masyarakat sebagai subjek pembangunan bukan sebagai objek. Sementara di bagian lainnya, dalam perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan pemerintah desa lah yang mengaturnya.

“Artinya desa kini sudah punya otoritas sendiri, membangun desa melalui pemberdayaan masyarakat,” tuturnya. (ADEIDRIS-ANWARWALUYO)



Related

TASIK NEWS 9112911241690461235

Posting Komentar

emo-but-icon

item