UNTUK PEMULIHAN EKONOMI DI MASA PANDEMI PERLU DILAKUKAN KERJA-SAMA ANTARA DAERAH

PANGANDARANNEWS.COM  – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya mendorong agar peningkatan kerja sama antar daerah dalam upaya pemulihan ekonomi terus dilakukan, karena ini menjadi menjadi sebuah isu strategis dalam pemulihan ekonomi di Priangan Timur (Priatim), terutama dalam masa Pandemi Covid-19. 

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya,  Heru Saptaji, kerja sama ini meliputi lima wilayah yang ada di Priangan Timur, seperti Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. 

“Saya berharap agar daerah yang surplus bisa membantu kepada daerah yang defisit,” jelasnya usai Rakor HLM TPID Se-Priangan Timur di Hotel Pantai Indah Pangandaran. (23/3)

Misalkan daerah yang surplus cabai merah seperti Kabupaten Tasikmalaya sedangkan di Kota Tasikmalaya mengalami defisit, maka, kata Heru, bisa dilakukan kerja sama antara kedua daerah tersebut sehingga harga jadi stabil dan pasokan di wilayah masing-masing pun bisa terjaga.

Kerja sama, imbuh Heru, sifatnya Government to Government (G to G) terlebih dahulu, lalu dbuatkan sebuah MoU yang nantinya akan turun pada para pelaku ekonomi sebagai perjanjian kerja sama, sehingga jika nantinya petani di Kabupaten Tasikmalaya panen, mereka harus menjualnya jangan ke luar daerah dulu tapi ke Kota Tasikmalaya. Biaya transportasinya relatip akan lebih murah karena jalur distribusi yang lebih pendek.

Heru juga mengatakan, kerja sama antar daerah intra Priatim ini merupakan  salah satu yang perlu didorong karena ini dilatarbelakangi oleh capaian inflasi tahun 2020 dengan Indeks Harga Konsumen Kota Tasikmalaya sebesar 1,61 persen, sementara diindikasikan terjadi penurunan permintaan disaat penawaran tetap sehingga kondisi stok tinggi akibat pemyerapan pasar kurang.

“Sektor pertanian mengalami penurunan permintaan dari luar Priatim, ini diakibat dari Pembatasan Sosial Berskala Besar sehingga kerja sama antar daerah di Priatim ini perlu dioptimalkan,”pungkasnya. (PNews)


Related

berita 639964727027343821

Posting Komentar

emo-but-icon

item