HASIL KAJIAN ILMUWAN TENTANG POTENSI GEMPA MEGATHRUST JANGAN GANGGU KEPARIWISATAAN PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS.COM – Potensi akan terjadinya gempa megathrust di Pantai Selatan Jawa jangan sampai memengaruhi dunia pariwisata.

Sepetti disampaikan Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Pusat, Daryono, penelitian yang menyebutkan potensi megathrust dan gelombang tsunami di Kabupaten Pangandaran seharusnya tidak dianggap sebagai ancaman namun justru pemerintah dan masyarakat harus melakukan mitigasi bencana. 

“Jangan sampai hasil kajian para ilmuwan ini justru memengaruhi dunia pariwisata,”ungkapnya. (24/3)

Menurut Daryono, dalam persiapan atau mitigasi bencana juga harus disiapkan fasilitas umum seperti hotel dan restoran, ketika hotel dan restoran bisa menyediakan bangunan tahan gempa, menyediakan rambu, punya titik kumpul dan lain-lain, hal ini tentu bisa memberikan kenyamanan pada wisatawan.

Ia menambahkan, dn jika ada sertifikasi mitigasi gempa bumi dan tsunami di sebuah hotel dan restoran, maka ini pun akan menjadi referensi dan angat menarik wisatawan asing untuk menginap karena para pelaku wisata bisa menyediakan jaminan keselamatan karena mengelola mitigasi bencana menjadi sebuah nilai tawar bagi wisatawan.

“Sehingga hal ini harus diaplikasikan di Kabupaten Pangandaran yang notabene menjadi daerah tujuan wisata pantai, “jelas Daryono. (PNews)


Related

Wisata 168365074931796880

Posting Komentar

emo-but-icon

item