KAPOL DARI PETANI PANGANDARAN MASUK PASAR EKSPOR

PANGANDARANNEWS-COM – Hasil pertanian tanaman kapol dari Kabupaten Pangandaran berhasil tembus ke pasar Republik Rakyat Cina (RRC).

Seperti dututurkan petani Kapol Pangandaran Kodir, harga jual kapol yang sudah kering dari petani ke pengepul mencapai Rp 30 ribu per kilogramnya.

“Kondisi pandemi Covid-19 secara signifikan tidak mempengaruhi para petani kapol, “ujarnya. (22/03)

Menurutnya, harga kapol terhitung stabil sejak pandemi Covid-19 di mulai pada Maret 2020 dan permintaan dari luar negeri pun sangat banyak.

Kodir menuturkn, ia sendiri menanam kapol di atas lahan seluas 4.200 meter dengan hasil panen mencapai 40 kilogram sekali panennya, dan setelah panen perdana maka akan terus mengalami panen berkala setiap bulan.

Sementara menurut Ketua Asosiasi Kapol Pangandaran Kunkun, mengatakan permintaan kapol asli dari Pangandaran saat ini sangat tinggi, para konsumen besar pabrikan saat ini memburu hasil kapol dari Kabupaten Pangandaran karena kualitasnya bagus dibanding dari daerah lain.

Kebutuhan kapol kering ekspor ke Cina mencapai 60 ribu ton, yang akan diolah di pabrik menjadi  bahan dasar obat, bumbu, kosmetik dan parfum.

“Permintaan untuk dalam negeri sendiri sama banyaknya, sama untuk diolah menjadi bahan baku obat dan kecantikan, “terangnya. (PNews)




Related

berita 4434471122760000176

Posting Komentar

emo-but-icon

item