POSKAMLING CIPARI JADI SIMBOL KEKOMPAKAN WARGA DESA KARANGMEKAR

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS-Ada yang berbeda dengan keberadaan pos keamanan lingkungan (Poskamling) di RT O8/07 Kampung Baru Kedusunan Cipari Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, dibangun dengan biaya puluhan juta hasil swadaya warga, pos kamling ini sangat mencolok baik dari bentuk atau pun kualitas bangunannya dan berbeda dengan pos keamanan lingkungan pada umumnya.

Dengan material bahan bangunan kayu berkualitas kotruksi bangunan pun dibuat 2 lantai yang dihiasi ornamen pada setiap didnding bebahan bambu hitam, membuat pos keamanan kebanggaan warga ini pun menjadi sangat artisitik.

Menurut Ketua RT 08  Kampung Baru Kedusunan Cipari Desa Karangmekar, Anas, warga sengaja membangun Poskamling ini dengan konsep yang berbeda dengan pos keamanan pada umumnya, konsep natural pada bangunan ini diharapkan mampu menjadi identitas dan ciri khas budaya sunda. Sehingga selain bisa dimanfatkan untuk sentra keamanan lingkungan juga sebagai sarana berkegiatan dalam  bidang kebudayan.

“Kami juga berencanan tempat ini akan dijadikan pusat kegiatan remaja, “ungkapnya. (3/8)

Anas juga sangat berterimakasih pada para aghniyah yang telah kompak membangun poskamling ini, dan sebagai wujud rasa sukur ia pun berencana akan menggelar acara khusus dengan mengundang muspika, pemdes dan warga  saat peresmiannya nanti.

Sementara saat ditemui terpisah, Kepala Desa Karangmekar, Titana Bahtiar, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kreasi dan langkah positif warganya, dan semoga  menjadi motivasi  warga lainnya untuk memupuk dan menguatkan  kebersamaan dan kekompakan bagi kemajuan desa sekaligus terjaminnya keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Pihak desa tentu sangat mendukung  dengan konsep- konsep pemanfaatan area poskamling ini untuk dijadikan salah satu tempat kegiatan di lingkungan masyarakat sehingga akan terus terjalin kekompakan warga satu dengan lainnya.

“Dan tentu ini juga bisa menjadi ciri identitas kekompakan warga di Desa karangmekar, “imbuhnya. (ANWARWALUYO-UDIRUSTANDI)

Related

TASIK NEWS 4063295237085913482

Posting Komentar

emo-but-icon

item