DESA CIKUPA RELOKASIKAN 35 % DANA DESA TAHUN 2020 UNTUK BLT COVID-19

TASIKNEWS-Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, menggelar musyawarah desa khusus untuk membahas perubahan APBDes tahun 2020 dalam rangka penetapan anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) penanganan Covid-19, validasi, finalisasi dan penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), bertempat di Aula desa. (27/04)

Dalam musdes khusus yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Cikupa, BPD, Babinsa, Pendamping Desa, Ketua Karangtaruna, LPM, perangkat Desa, serta seluruh Ketua RW, dihasilkan kesepakatan bahwa APBDes tahun ini sebesar 35% dari jumlah Dana Desa (DD) dialokasikan untuk penanganan bantuan tersebut diatas, karenakan DD Cikupa tahun 2020 ini lebih dari Rp 1,2 milyar untuk 258 kepala keluarga (KK).

Kepala Desa Cikupa, Yudha Heryadhi, di depan peserta musyawarah, megatakan, pemdes  mengalokasikan BLT-Des dari anggaran Dana Desa Tahun 2020, hal ini dimaksdukan untuk membantu meringankan beban warga yang terkena dampak Covid-19, sesuai Permendesa Nomer 6 Tahun 2020.

“Dan rapat yang digelar kali ini pun dalam rangka memvalidasi kebijakan ini sesuai yang dianjurkan Pemerintah, “ungap Yudha.

Selain jumlah penerima dan anggaran yang akan dikucurkan, kata Yudha, di dalam menghadapi wabah covid-19 ini, ia pun berharap agar warga masyarakat selalu tetap waspada dan senantiasa menjaga keamanan.

“Jaga keamanan di masing-masih wilayah dengan mengaktifkan seluruh pos kamling, jaga jarak, berpola hidup sehat, biasakan mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker, ”tegas Yudha.

Menurut Yudha, dengan adanya bantuan covid-19 yang diambil dari DD ini, maka ini akan mengurangi kegiatan yang lain terutama kegiatan fisik, seperti pembangunan jalan lingkungan dan lainnya.

Yudha jugaberharap, semoga dampak wabah virus corona cepata hilang, yang terpenting warga selalu menerapkan pola hidup sehat, rajin  ibadah jamaah  berjamaah dan berzikir.

“Semoga di bulan ramadhan yang penuh berkah ini wabah coron cepat hilang agar masyrakat di hari raya idul fitri  nanti bisa bisa berkumpul  kembali sama rekan, sahabat dan keluarga, “ujar Yudha.

Sementara pendamping desa, Endah, menambahkan, musyawarah desa khusus ini untuk validasi, finalisasi dan penetapan calon penerima BLT-Desa Cikupa yang bersumber dari DD tahun 2020.

“Bantuan ini per satu orangnya akan mendapatkan Rp 600 ribu, tapi bantuan ini tidak berkelanjutan akan tetapi diberikan selama 3 bulan saja,”terangnya. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 4272001852653686022

Posting Komentar

emo-but-icon

item