JAWARA SILAT CIAMIS, BANJAR DAN PANGANDARAN IKUT MERIAHKAN HUT KOTA BANJAR KE 17

BANJARNEWS -- Ratusan pesilat meriakan beberapa hari lalu ikut merihakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banjar ke 17,  bahkan tidak hanya pesilat Banjar, hadir juga para pesilat Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, yang dikemas dalam bentuk pasanggiri  HUT Kota Banjar dengan mengusung tema Jawara Patroman 2 dengan menampilkan kalaborasi dan inovasi menuju Banjar Berseri (15/2)

Tim Intelrem unit 3 Wilayah Tasik  sebagai penyelenggara, yang memboyong pesilat dari tiga wilayah, Ciamis, Banjar dan Pangandaran diprakarsai Serka Entang SR berjalan sukses.

Menurut ketua pelaksana Serka Entang Sopandi kepada PNews, mengatakan,  kegiatan seperti ini harus menjdi kegiatan rutin setiap tahun, supaya pesilat pesilat yang ada di kota Banjar bisa tersalurkan bakatnya serta bisa berprestasi kedepannya mampu membawa dan nenjadi kebanggaan kota Banjar.

Ia menambahkan, 150 pesilat yang ikut dalam kompetisi ini diantaranya tingkat usia dini, pra remaja dan remaja.

"Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama IPSI Kota Banjar dengan Paguyuban silat Buhun pimpinan H dian sardiana S. Ip, “kata Entang.

Di tempat terpisah, Ketua Paguyuban Silat Buhun, H.Dian sardiana menambahkan, kegiatan merupakan salah satu bentuk  pelestarian budaya buhun sekalligus untuk memperlihatkan  jati diri budaya bangsa yang saat ini pencak silat telah diakui dunia melalui Unesco.

”Alhamdulillahternyata animo masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini, ”ucapnya.

Sementara itu menurut Ketua Pengcab IPSI Kota Banjar, Alfin nurhadi, SP.d, saat ini atlit-atlit tengah dipersiapkan untuk menghadapi perhelatan kegiatan festival di tingkat Provinsi.

Kata Alfin, banyak hikmah positif bisa diambil pada kegiatan ini, selain sebagai ajang pembinaan dan peningkatan bakat, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar paguron, baik dari dalam maupun luar kota.

“Insaalloh dalam waktu dekat Pengcab IPSI Banjar akan melaksanakan muscab, “terang Alfin.

Sementara menurut  dewan pertandingan, Yadi S,sos, kegiatan ini dilaksanakan bukan dalam rangka memperingati HUT Kota Banjar saja, tapi ia pun berharap kegiatan serupa juga bisa dilaksanakan dalam bentuk event-event yang mampu menggali potensi pesilat muda khususnya yang pesilat yang ada di Kota Banjar, sehingga nantinya akan mampu berprestasi di berbagai event baik daerah maupun nasional.

“Selain untuk menggali potensi, kegiatan pasanggiri ini juga untuk  membangkitkan kembali semangat masyarakat pada Pencaksilat, “pungkasnya. (TITO)

Related

Syiar 3862078660357198351

Posting Komentar

emo-but-icon

item