PEMKAB PANGANDARAN GELONTORKAN Rp. 1,1 MILIAR UNTUK KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN

CIJULANG-Keseriusan Pemkab Pangandaran dalam upaya membangun pendidikan berkarakter bukan hanya isapan jempol belaka, karena setiap tahunnya APBD mengucurkan anggarannya khusus untuk peningkatan pendidikan agar anak-anak tumbuh dengan jiwa dan karakter yang terpuji dan berahlak mulia.

Seperti diungkapkan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, usai peluncuran program Pesantren Ramadhan di gedung Islamic Center Kecamatan Cijulang (20/5), kegiatan Pesantren Ramadhan ini merupakan salah satu dari program pendidikan karakter.

Pendidikan karakter, kata bupati, lahir sebagai sebuah upaya pemerintah dalam upaya memberikan tambahan pendidikan khusus agar anak-anak selain cerdas juga mempunyai karakter.

“Dengan program ajengan masuk sekolah, pesantren ramadhan, pangandaran mengaji dan program keagamaan lainnya, ini dalam rangka membangun jiwa anak-anak kita agar berkarakter dan berbudi luhur. “ungkap bupati.

Agar program ini tepat sasaran dan manfaat, imbuh bupati, perlu ada pengawasan yang baik dari seluruh elemen, seperti tokoh agama, masyarakat dan pemerintah.

Bupati juga menjelaskan, selama bulan ramadhan sekolah tidak meliburkan tapi kegiatan belajar anak-anak dipindahkan ke pesantren atau tempat-tempat yang ditunjuk menjadi tempat kegiatan pesantren ramadhan.

Jadi kalau selama ini siswa merasa wajib  datang ke sekolah, tapi kalau berangkat ke pesantren atau tempat pesantren ramadhan tidak wajib, oleh karena itu bupati meminta agar absensi dan pengawasan dari guru agar program ini berjalan dengan baik.

" 10 hari mungkin tidak akan cukup untuk mengenal bagaimana kultur kehidupan pesantren, bagaimana belajar agama dengan baik, tapi dengan pesantren kilat ini ada niatan siswa untuk belajar agama dengan baik. "imbuhnya.

Bupati juga mengatakan, ini merupakan metode serta cara memotivasi anak untuk belajar agama, sehingga diharapkan di tempat-tempat yang menjadi kegiatan pesantren ini tentu harus menjadi perhatian semua.

“Saya minta nanti dibuat sistematis, mungkin hari ini belajar apa, besok apa dan seterusnya. “kata bupati lagi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga, H. Surman, M.Pd, saat diminta komentarnya, mengatakan, program yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan  dalam bidang keagamaan dan pendidikan karakter yang diikuti 45.138 siswa yang terdiri dari 32.835 ( siswa SD/MI) dan dari  SMP/ MTs ada 12.303 orang ini dilaksanakan  selama 10 hari di bulan ramadhan, dimulai sejak tanggal 19 sampai tanggal 29 mei 2019.

“Untuk membiayai program pesantren ramadhan ini pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 1 miliar lebih. “jelas Surman.

Dikatakan Surman, anggaran ini ada kenaikan dibanding tahun kemarin, dan karena tidak ada kegiatan malam hari maka perincian biayanya sebesar Rp 25ribu per siswa, hingga jika dikalikan jumlah peserta sebanyak 45.138 siswa, total anggaran yang dikeluarkan dari APBD tahun ini sebesar Rp. 1.1 milyar lebih. (PNews)

Related

berita 5349227133087181260

Posting Komentar

emo-but-icon

item