Masih Rendahnya Kesadaran Masyarakat, SAMPAH MENUMPUK DI SUNGAI MENUJU OW BATUKARAS

CIJULANG - Apapun alasanya, membuang sampah  ke sungai merupakan sebuah tindakan tidak terpuji dan dapat merugikan diri sendiri atau pun orang banyak. Seperti yang terlihat disalah satu sudut sungai di sekitar toll gate menuju Obyek Wisata (OW) Batukaras  Kecamatan Cijulang  Kabupaten Pangandaran.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat juga sebagai anggota DPRD Pangandaran dari fraksi PDIP,  Ucup Supriatna, ia sangat menyayangkan tindakan masyarakat yang tidak terpuji dan ia pun sangat mengkritisi hal itu.

"Dampak yang akan terjadi akibat ulah membuang sampah sembarangan, akan terjadi banjir karena sungai tidak dapat berfungsi dengan baik. “ungkap Ucup.(29/4).

Dikatakan Ucup, selain sunbgai mengalami pendangkalan, karena banyaknya sampah yang dibuang ke sungai juga akan mengakibatkan kematian biota air seperti ikan, udang dan lainnya.

“Iniu bisa ,mneyebabkan kepunahan beberapa spesies yang hidup di sungai karena jenis sampah tertentu membawa bahan kimia berbahaya yang dapat merusak ekosistem", katanya.

Ditambahkan Ucup, akibat sampah juga akan mengakibatkan kualitas air menjadi rusak, hamparan sungai yang sebelumnya terlihat hijau bersih menyegarkan bisa berubah menjadi hitam pekat atau warna lainya dengan bau busuk dan mendatangkan penyakit, dan akibatnya tidak hanya dirasakan oleh orang yang membuangnya saja namun harus ditanggung masyarakat umum akibat ekosistem air dan keseimbangan alam menjadi terganggu.

“Saya berharap semoga kita dapat menjaga lingkungan sekitar sungai agar kita bisa mewariskan keindahan pada anak cucu kita kelak dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. “imbuh Ucup.  (AGE)

Related

berita 792473212441176609

Posting Komentar

emo-but-icon

item