GERMAS, TERAPKAN POLA HIDUP SEHAT KELUARGA

PANGANDARAN - Pemkab Pangandaran gelar kegiatan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digagas Kementerian Kesehatan di gedung Islamic Center Pangandaran ( 28/04). Kegiatan ini dihadiri Bupati Pangandaran,  H.Jeje Wiradinata beserta ibu Ida Nurlela Wiradinata, sekda Mahmud, SH, MH, Kepala Dinas Kesehatan, drg. Yani, tokoh presidium Pemekearan Pangandaran, H. Yos rosbi dan sejumlah pejabat serta para kepala puskesmas se Kabupaten Pangamdaran.

Dalam sambutannya, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran, Ida Nurlela Wiradinata berharap upaya ini dapat meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif.

"Gerakan ini dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu peningkatan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta deteksi dini penyakit tidak menular," katanya.

Dengan kegiatan ini, menurut Ida, diharapkan terjadi perubahan perilaku keluarga dan masyarakat, khususnya dalam mengenali risiko penyakit, agar bisa mendapatkan kebahagiaan bersama keluarga dengan tubuh yang kuat dan sehat.

Ditambahkanya lagi, pendekatan keluarga yang dimaksud mencakup juga pendekatan pelayanan integrasi antara upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM).

“Untuk itu, kami akan memberlakukan akreditasi kepada Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran sebagai bagian dari peningkatan mutu dan pelayanan terhadap masyarakat", ucapnya.

Sementara Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata dalam berkenan membuka ini menyampaikan arti pentingnya kesehatan bagi masyarakat, terlebih para kaum muda yang masih produktif dalam menjalankan profesinya.

Jeje pun berharap, masyarakat bisa mendeteksi dini akan kesehatannya, agar bila ada satu penyakit bisa langsung melakukan pengobatan.

“Jadi jangan sampai ditunggu sampai parah baru melakukan pengobatan,  juga kita harus bisa menjaga kebiasaan hidup sehat dengan tidak meroko atau minum minuman keras juga jauh dari narkoba  terutama para remaja yang masih produktif", katanya.

Dikatakan lebih lanjut,  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau yang disingkat dengan GERMAS, merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara sama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
“Jadi, ayo mulai sekarang kita biasakan dengan pola hidup sehat", tandasnya.  (AGE)

Related

berita 33328328551000891

Posting Komentar

emo-but-icon

item