WONDERFUL PANGANDARAN, MENUJU WISATA DUNIA

PANGANDARAN - Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik domestik mau pun mancanegara, secara geografis  terletak di semenanjung pantai selatan pulau Jawa, dengan jarak tempuh sekiter 214 km dari Ibu Kota Propinsi Jabar, Bandung.

Hamparan pasir putih di sepanjang pantai dengan ombak yang saling berkejaran, menjadikan Pangandaran sebagai surga bagi wisatawan.

Pangandaran, menurut wisatawan yang datang, salah satu obyek wisata istimewa dan komplit. Pasalnya, di Pangandaran turis bisa menyaksikan dua kejadian alam saat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) pada tempat yang sama. Dan ini, menurutnya, sangat langka ada di tempat wisatawan lain.

"Semenanjung cantik ini dulu hanya dikenal sebagai kota nelayan kecil, dimana nelayan pergi di pagi hari dan kembali pada sore hari dengan membawa hasil tangkapan. “Kata Kepala Seksi Promosi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Asep Kartiwa, S.Pd, M.Pd.(17/1).

Ketika nelayan tiba, lanjut Asep, warga lain pun akan membantu membawa ikan hasil tangkapan ke pantai, dan kegiatan ini masih dapat dilihat sampai hari ini.

“Wisatawan pun bisa ikut dan merasakan sensasi itu dengan ikut menarik jaring ikan dari tengah laut ke pinggir pantai bersama-sama berbaur dengan nelayan. “  imbuh Asep.

Ditambahkan Asep, pantai Pananjung atau teluk Pananjung merupakan tempat ideal untuk wisata keluarga dengan kelengkapan sarana akomodasi ditambah sarana kegiatan wisata seperti, berenang di pantai barat dengan ombaknya yang  relatif tenang atau menikmati wisata air seperti Banana Boat dan sejenisnya di pantai timur yang seluruhnya akan memanjakan setiap wisatawan  atau seharian sekedar berjemur di bawah sinar matahari dengan aroma khas angin laut sambil  menikmati panorama pantai.

“Tidak hanya itu, bagi pemburu kuliner khas laut dengan ita rasa sea food  pun akan dimanjakan di sentra kuliner pasar ikan pantai timur atau di pantai pamugaran sehingga para wisatawan pun  benar-benar bisa merasa nyaman. “kata Asep lagi.

Di obyek wisata Pangandaran pun pengunjung bisa berjalan-jalan di bawah rindangnya pohon-pohon tua di Cagar Alam Pananjung dengan aneka ragam kekayaan flora dan fauna. Ada sejumlah gua, baik gua alam atau buatan seperti gua jepang semuanya akan menambah pilihan tempat untuk dikunjungi. Dengan ditemani sejumlah pemandu, wisatawan pun akan diantar lebih ke dalam hutan untuk menikmati pesona air terjun di mana airnya langsung mengalir ke laut.

“Untuk mencapai lokasi air terjun ini, wisatawan harus berjalan kaki, tapi jangan khawatir, sepanjang jalan anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang eksotik", ucap Asep.
Menurut Asep, sebaiknya para wisatawan berkeliling di sekitar Pangandaran dengan berjalan kaki, karena jalan-jalan di atas pasir pantai ada sensasi tersendiri,

“Saya berharap, saat wisatawan akan mengunjungi centra oleh-oleh atau kuliner sebaiknya berjalan kaki agar tidak terjebak macet. “Imbuh Asep. (AGE)



Related

Wisata 8292434488256625264

Posting Komentar

emo-but-icon

item