Untuk Lebih Optimalkan Layanan Kesehatan, Dinkes Pangandaran akan Bangun Sejumlah Posyandu ILP

Yadi Sukmayadi

PANGANDARANNEWS.COM
- Untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan, Pemkab Pangandaran ke depan akan membangun sejumlah pos pelayanan terpadu Terintegrasi Lay anan Primer (Posyandu ILP) minimal persatu wilayah kerja puskesmas satu Posyandu ILP.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas kesehatan kabupaten Pangandaran, Yadi Sukmayadi, S,Kep, MM saat dihubungi PNews lewat telepon celullernya.

Yadi mengatakan, ILP ini nantinya akan terintegrasi dengan layanan primer, dan layanan tersebut memang sekarang harus ada di tingkat bawah diantaranya posyandu.

“Sekarang minimal di satu wilayah kerja puskesmas ada satu Posyandu ILP," ucap Yadi.(14/05)

Dan untuk kedepanya, kata Yadi, ia mengaku sudah menintruksikan kepada seluruh jajaran kesehatan di Puskesmas yang ada di kKabupaten Pangandaran agar segera louncing program nasional ini.

“Teman-teman puskesmas merespon dengan baik, dan Insaalloh akan segera louncing pada bulan depan, diantaranya wilayah kerja Puskesmas Pangandaran,” katanya.

Ia menambahkan, di Puskesmas lain harus segera dibentuk posyandu ILP, karena di di posyandu ini semua usia bisa dilayani. Bahkan di posyandu ILP ada 5 kegiatan. Termasuk didalamnya terdapat kegiatan validasi data hasil pelayanan.

Yadi menyebut program ini sangat efektif, pasalnya dengan adanya posyandu ILP masyarakat bisa mengetahui riwayat penyakit sejak dini dan jika diketahui sejak dini nanti pelayanannya pun semakin efektif.

Namun, Yadi juga mengaku, saat ini di Kabupaten Pangandaran masih terkendala keterbatasan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM), namun apa pun kendalanya program nasional ini harus segera dilaksanakan karena pelayanan kesehatannya jadi semakin banyak.

"Dan sasarannya kerja Posyandu ILP ini pun semakin banyak karena tidak terbatas anak balita dan ibu hamil saja. Tapi semua usia,” terangnya.

Yadi juga mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar posyandu ILP segera louncing di seluruh Puskesmas se-Kabupaten pangandaran dan
ketika ada yang sudah louncing itu bagus sekali untuk mendorong puskesmas yang lainnya untuk segera louncing.

Disoal pelayanan di Posyandu ILP ini, menurut Yadi, itu tekhnis di internal puskesmas yang mengaturnya atau bisa buka minimal sebulan sekali.Tapi ini juga akan disesuaikan dengan  situasi, jika memang pihak puskesmas bisa mengatur lebih efektif lagi itu lebih bagus.

Seperti diketahui, Posyandu dengan Konsep Puskesmas Terintegrasi Layanan Primer (ILP) Pasirgelis Padaherang merupakan posyandu satu-satunya di Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Padaherang, Suryati Posyandu tersebut dapat melayani semua usia yakni dari 0 – lansia.

“Jika biasanya posyandu hanya melayani balita, di posyandu ILP bisa melayani remaja dan lansia,” ungkapnya. (isis)

Related

berita 8787363109857720716

Posting Komentar

emo-but-icon

item