PLN ULP Karangnunggal Siap Sukseskan Program Jabar Caang


PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS
-PLN ULP Karangnunggal mendampingi Cabang Dinas ESDM Wilayah 6 Tasikmalaya mengunjungi Desa Pancawangi, Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya untuk mensosialisasi rencana bantuan Pemasangan Baru Listrik program Jabar Caang dari Provinsi Jawa Barat tahun 2023. Bantuan pemasangan listrik program Jabar Caang ini diberikan kepada masyarakat Provinsi Jawa Barat, salah satunya di Desa Pancawangi dan beberapa daerah lainnya di Kabupaten Tasikmalaya.

Demikian disampaikan Kepala Cabang PLN ULP Karangnunggal, Novan Taufik H,  di sela-sela kegiatan tersebut.

Menurut Novan, untuk PLN ULP Karangnunggal sendiri siap mendukung program Jabar ini, dan selain melakukan sosialisasi program ini, ia pun memberikan beberapa program bantuan yang berkaitan dengan kelistrikan, salah satunya program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) tahun anggaran 2023 dari pemerintah pusat yang saat ini sedang dalam tahap survei calon pelanggan.

"Kami sendiri di PLN ULP Karangnunggal sedang melaksanakan survey Nomor Induk Kependudukan (NIK-red) ke rumah-rumah pelanggan PLN  dengan tujuan untuk memperbaharui Data Induk Pelanggan PLN baik yang mendapat subsidi maupun yang tidak mendapat subsidi," ungkapnya.(11/05)

Ia menambahkan, kedepannya tidak menutup kemungkinan data NIK tersebut digunakan untuk mendapatkan diskon pembelian motor listrik dari pemerintah.

PLN ULP Karangnunggal, ujar Novan, telah menyurati semua kepala desa di wilayah kerja PLN Karangnunggal terkait pendataan NIK ini, dengan harapan dari pemerintah desa dapat membantu program pendataan NIK ini karena menyangkut kesejahteraan masyarakat di desanya masing-masin.

Selain itu, imbuh Novan, PLN Karangnunggal juga melakukan edukasi terkait terjadinya pemadaman listrik yang terjadi dapat dibagi dua kategori,  pemadaman terencana dan pemadaman tidak terencana. Untuk pemadaman terencana, sebelumnya dilakukan pemberitahuan kepada masyarakat tentang kegiatan tersebut minimal H-1 sebelum pelaksanaan melalui PLN Mobile, surat pemberitahuan, media sosial seperti story IG @plntasikmalaya dan whatsapp grup.

"Sedangkan untuk pemadaman tidak terencana merupakan pemadaman yang terjadi akibat adanya gangguan atau adanya potensi bahaya tersengat listrik disisi jaringan PLN sehingga terjadi pemadaman mendadak dan merupakan hal yang tidak diinginkan oleh PLN," jelasnya.

Dan yang sering menjadi penyebab gangguan pemadaman terencana ini, jelasnya, adanya pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik, ranting pohon jatuh dijaringan listrik, penebangan pohon yang tidak berkoordinasi dengan pihak PLN, binatang yang memanjat sampai ke atas jaringan PLN dan petir.

Oleh karena itu, Novan menghimbau kepada masyarakat terutama yang memiliki pohon disekitar jaringan listrik untuk memberikan izin ditebang agar tidak terjadi pemadaman tidak terencana.

Novan juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap keselamatan kelistrikan, diantaranya tidak membangun bangunan mendekati jaringan listrik tegangan tinggi maupun menengah PLN.

"Juga bermain layang-layang dan memasang antena didekat jaringan listrik PLN,” pungkasnya.(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 7091450400309492152

Posting Komentar

emo-but-icon

item