Wabup Pangandaran: Pariwisata Terbukti Mampu Memberikan Multi Efek Ekonomi Pada Masyarakat

Wabup Pangandaran U Endin Indrawan

PANGANDARANNEWS.COM
- Sejatinya kebijakan pemerintah harus mempunyai nilai (value) yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat, baik dari sisi sosial, politik, budaya atau pun ekonomi.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pangandaran, Ujang Endin Indrawan saat diminta komentarnya terkait dampak dunia usaha pariwisata.

Menurutnya, dunia pariwisata dapat meningkatkan pendapatan devisa, menciptakan lapangan kerja serta merangsang pertumbuhan industri pariwisata itu sendiri sehingga secara masif mampu memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pariwisata berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai jalur termasuk pendapatan mata uang asing, menarik investasi internasional," kata wabup, saat dihubungi lewat telepon celullernya.(01/05)

Dengan semakin berkembangannya pariwisata  di Pangandaran serta semakin bertambahnya arus kunjungan, kata wabup, tentu ini akan menimbulkan multi efek. Seperti meningkatnya permintaan  berbagai kebutuhan baik usaha jasa wisata, kuliner dan lainnya yang selanjutnya ini akan menjadi mata rantai pada pemintaan komoditas lainnya yang ada di masyarakat, sehingga berbagai komoditas yang ada di tiap-tiap daerah seperti produksi pertanian, perikanan, UMKM, dan home industry lainnya akan kebanjiran permintaan konsumen.

"Dan ini tentu akan menciptakan lapangan kerja baru sehingga daya beli dan perekonomian rakyat pun akan terus berkembang," ungkap wabup.

Wabup juga mengatakan, dengan pariwisata secara sistematis bisa mengalihkan aktivitas keuangan dari daerah lain ke daerah destinasi wisata, dengan cara uang yang dibawa wisatawan dari asal daerahnya akan dibelanjakan di obyek wisata yang dikunjunginya.

"Nah, di Pangandaran kita bisa membayangkan berapa uang yang berasal dari Bandung, Jakarta, Bogor, jateng dan daerah lainnya yang jatuh dan berputar di Pangandaran," imbuh wabup.

Jika diasumsikan seorang pengunjung "menjatuhkan" uangnya Rp 200 ribu saja lalu dikalikan puluhan ribu bahkan jutaan pengunjung setiap tahunnya yang datang ke Pangandaran, menurut wabup, maka bisa dihitung berapa ratus milyar uang yang beredar di masyarakat Pangandaran.

Artinya, jika PAD dari sektor pariwisata pemda hanya mendapatkan sekitar 80-90 milyar, namun ternyata jumlah uang yang langsung diterima masyarakat jauh lebih besar.

"Saya berharap masyarakat bisa menangkap peluang ini, karena sektor pariwisata terbukti mampu memberikan multi efek perekonomian masyarakat," pungkasnya. (hiek)

Related

berita 5728200102879967488

Posting Komentar

emo-but-icon

item