Kemenag Pangandaran; "Jika Ada Calon Jemaah Haji Meninggal, Pemberangkatannya Bisa Diwariskan"


PANGANDARANNEWS.COM
 - Hingga saat ini calon jemaah haji asal Kabupaten Pangandaran yang rencananya akan berangkat tahun ini, sudah Ada enam orang yang meninggal dunia.

Demikian disampaikan Kasi Haji Pelayanan Haji dan Umroh Kabupaten Pangandaran Hilman Saefulloh, keenam calon jemaah haji yang meninggal ini daptar nantinya akan dilimpahkan kepada ahli warisnya masing-masing.

"Ini sesui aturannya yang seperti itu, dan kini kami sedang berembug siapa saja yang akan mengisi daptar yang melanjutkan," jelas Hilman, saat ditemui PNews di ruang kerjanya beberapa hari lalu. (03/03).

Hilman mengatakan, ahli waris ini bisa ke istri, suami, anak, orang tua atau saudara lainnya yang berhak untuk menggantikanya.

Dan untuk penentuan siapa yang bisa menggantikannya, menurutnya, tergantung dari kesepakatan keluarga.

"Jadi dalam hal ini bukan kemenag yang menentukan dan menunjuk penggantinya," imbuhnya.

Ia menambahkan, pihak keluarga harus mengajukan surat langsung ke Kemenag dengan melampirkan surat keterangan kematian atau akta kematian, dan untuk keberangkatannya tetap disesuaikan dengan tahun  keberangkatan calon haji yang wafat tersebut. Dan untuk pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dilakukan seperti haji reguler lainya.

"Namun jika pemberangkatannya akan dibatalkan atau tidak ada ahli warisnya, juga dilakukan seperti biasa," jelasnya lagi.

Hilman juga mengatakan, waiting list keberangkatan haji di Kabupaten Pangandaran mencapai sekitar 17 tahun. Dan dengan antrian sepanjang itu estimasi kuota haji per tahunnya sebanyak 400 calon jemaah sehingga idealnya jika akan daftar minimal dari usia 12 tahun. Sementara untuk usia keberangkatan haji pada usia 18 tahun, artinya sebelum 18 tahun belum bisa berangkat.

Disoal kuota haji tahun ini, Hilman mengatakan, saat ini kuota haji Kabuaten Pangandaran belum keluar.

"Baru ada kuota untuk provinsi saja," pungkasnya.(PNews)

Related

berita 1512275471198278471

Posting Komentar

emo-but-icon

item