Kegiatan Ulang Tahun PKH Tingkat Kecamatan Sukaraja, Diduga Berbau Praktek Pungli


PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS
- Kegiatan ulang tahun program  Keluarga Harapan (PKH) tingkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya diduga berbau praktek pungutan liar (pungli), pasalnya diketahui setelah para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dimintai uang sebesar Rp.50 ribu oleh para ketua kelompok di masing-masing wilayah di setiap desa Se-Kecamatan Sukaraja.

Seperti disampaikan salah satu ketua kelompok yang enggan disebutkan namanya, ia mengaku menarik uang tersebut sebesar Rp.50 ribu dari setiap KPM dengan alasan uang tersebut akan digunakanuntuk kegiatan ulang PKH yang diselenggarakan di Lapang Malaganti Desa Linggaraja.

"Dan uang tersebut langsung saya transfer ke bendahara kegiatan," jelasnya.(12/03)

Ditempat yang sama Ketua pelaksan Kegitan Ulang tahun PKH Triyono membantah jika pihaknya meminta uang sebesar Rp.50 ribu per KPM  untuk ulang tahun PKH, karena jauh-jauh hari sudah ada rencana untuk kegiatan ini yaitu dengan konsep iuran dari setiap KPM Rp 2 ribu dan ini sudah disepakati oleh para KPM.

Hal senada dikatakan para kepala desa ada di Kecamatan Sukaraja, mereka mengaku tidak mengetahui adanya pungutan Rp 50 ribu tersebut karena tidak ada koordinasi dari awal, dan tahu-tahu hal ini sudah ramai di masyarakat yang mengatakan ada pungutan uang oleh kelompok yang diduga disetor oknum pendamping ke panita pelaksana kegiatan.

Undangan yang diterima pun menurut para kepla desa, beda dengan biasa yang menggunakan kop surat Dinas Sosial, tapi ini surarnya ditandatangan pihak pelaksana kegiatan.

"Surat yang kami terima bukan dari dindos dan seharus ada tembusan ke intansi terkait "imbuhnya.

Saat dimintai komentarnya, Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin yang hadir dalam acara ultah PKH tingkat di Kecamatan Sukaraja, menyampaikan, saat ini pihaknya belum bisa memberikan keterangan karena belum menerima data yang akurat.

"Kalau melihat kegiatan yang di laksanakan ini sangat bai, hanya itu yang bisa kami jawab, "tuturnya.

Sementara pihak Polres Tasikmalaya mengaku sudah mengantongi sebagian uang yang belum sempat setorkan  kelompok ke pihak panitia kegiatan ulang tahun PKH,  untuk dijadikan Barang Bukti.

"Kami berharap ada tindaklanjuti sehingga dugaan pungli dalam kegitan ulang tahun PKH di tingkat Kecamatan Sukaraja ini masalahnya bisa terang benderang," ucapnya.
(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 5396635721155309527

Posting Komentar

emo-but-icon

item