Ribuan Peserta Ikuti Tes CAT Calon PPS Pemilu 2024 KPU Pangandaran


PANGANDARANNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menggelar Tes Tertulis Computer Assisted Test (CAT) untuk calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang diselenggarakan selama tiga hari, 9 sampai 11 Januari 2023, bertempat di Laboratorium SMP Negeri 1 Pangandaran.(9/12)

Seperti disampaikan Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, dari jumlah keseluruhan pendaptar calon PPSbsebanyak 1.232 orang, dan dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 855 orang yang berhak mengikuti seleksi.

"Kami tak menyangka jika ternyata antusias masyarakat sangat luar biasa, pesertanya pun hingga ribuan orang, "ungkap Muhatadin.

Muhtadin menjelaskan, pelaksanaan Tes CAT sendiri setiap harinya dilaksanakan dalam beberapa sesi dan dimonitor langsung oleh Ketua dan Anggota KPU, Bawaslu, Sekretaris KPU Pangandaran dan jajaran panitia lainnya.

Melalui tes CAT ini, kata Muhtadin, calon anggota PPS akan diuji terkait tentang pengetahuan kepemiluan, wawasan kebangsaan, dan beberapa soal logika psikotes yang proses pembuatan soalnya langsung dari KPU RI.

Sementara Divisi SDM Sosparmas Maskuri Sudrajat menambahkan, KPU Pangandaran akan menetapkan peringkat 1 hingga 9 (tiga kali kebutuhan) di tiap desa se-Kabupaten Pangandaran, dan selanjutnya akan mengikuti tes wawancara.

Maskuri mengatakan, dan dari hasil tes CAT ini KPU akan tetapkan 9 orang atau 3 kali kebutuhan anggota PPS yang akan bertugas di masing-masing desa, dan untuk masuk sesi berikutnya yaitu seleksi wawancara.

"Pengumuman seleksi tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 17 Januari 2023, "terangnya.

Ia menambahkan, sembilan orang calon yang dinyatakan lulus tes tertulis CAT berhak maju ke tahap seleksi wawancara yang akan digelar tanggal 18  hingga 20 Januari 2023 mendatang.

Sementra untuk masa tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap calon PPS, imbuh Maskuri, dilaksankan tanggal 6 Januari hingga 17 Januari 2023, dan untuk penetapan anggota PPS terpilih akan diumumkan pada tanggal 23 Januari 2023.

"Dan pelantikan PPS terpilih tanggal akan kami laksanakan pada 24 Januari 2023 mendatang, "pungkasnya.(PNews)

Related

berita 5453320912891274471

Posting Komentar

emo-but-icon

item