Penderita Kusta Di Desa Karangsari Butuh Uluran Tangan


PANGANDARANNEWS.COM - Carwin (47) warga Dusun Nagrak Rt 01/01 Desa Karangsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, penderita penyakit kusta membuat semua jari tangan dan kakinya putus hingga hidupnya pun hanya bisa mengandalkan belas kasihan tetangga.

Sudah dua tahun penyakit kusta diderita Carwin yang hidup didampingi istri dan satu anaknya yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), menempati rumah sederhana.

Kepada PNews ia mengaku semenjak menderita penyakit kusta, ia sudah tidak bisa melakukan aktivitas usaha untuk menyambung hidupnya keluarganya sehingga ia pun terpaksa hanya menggantungkan belas kasih tetangganya.

"Sehari-hari istri saya mengasuh anak tetangga, lumayan suka dikasih Rp10-20 ribu, kadang dikasih beras juga, "ucapnya. (11/01)

Selain menggantungkan hidupnya dari tetangganya, Carwin juga mengak mendapat bantuan sosial dari BLT DD dari Pemdes Karangsari.

"Tahun kemarin dapat BLT DD tapi tidak tau untuk tahun ini, mudah-mudahan saja saya dapat lagi kan lumayan buat kebutuhan keluarga dan biaya sekolah anak, "imbuhnya.

Carwin menuturkan, hingga saat ini belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), padahal ia sudah mengajukan ke desa pada dua tahun lalu sejak dirinya menderita penyakit kusta.

"Untuk pengobatan saat ini saya menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu, "terangnya.

Sementara menurut salah seorang tetangganya, Apip,  ia merasa kasihan karena di lingkunganya masih ada warga yang kurang beruntung dengan kondisi yang memprihatinkan.

Kata Apip, ia merasa tidak tega melihat kondisi tetangganya sehingga tak segan untuk menyisihkan sebagian rejekinya, berbagi untuk meringankan beban  kehidupan Carwin.

"Istrinya pun sering datang ke rumah saya, terkadang mengasuh anak saya, "ucapnya. (bill)

Related

berita 3800358931214039073

Posting Komentar

emo-but-icon

item