Dihadiri Sejumlah Anggota DPRD, Kecamatan Mangunjaya Laksanakan Musrembang


PANGANDARANNEWS.COM - Bertempat di gedung da'wah, pemerintah Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran laksanakan Musyawarah Perencanaan Bangunan (Muserbang) RKPD untuk perencanaan tahun 2024 yang turut dihadiri sejumlah anggota DPRD, diantaranya dari Fraksi PDI Perjuangan, PPP, Partai Gerindra, PKB dan Fraksi Partai Perindo.(25/01)

Musrembang tahun ini bertema "Optimalisasi Pengentasan Kemiskinan Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Konektivitas Wilayah"

Usai mengikuti musrembang tersebut Wakil Ketua DPRD Pangandaran Jalaludin kepada PNews menyampaikan, Musrembang ini merupakan kegiatan rutin kenegaraan untuk menjaring aspirasi masyarakat di tingkat kecamatan dalam rangka menampung usulan dari tiap-tiap desa. 

"Dari tingkat kabupaten kita memberi kisi-kisi mana saja yang bisa diusulkan melalui prioritas progam Pemkab Pangandaran, "kata Jalal.

Rencananya, kata Jalal, pada program tahun 2024 penekananya pada pengentasan kemiskinan akibat dampak pandemi melalui kegiatan perekonomian, baik dengan memberdayakan kelompok-kelompok tani dan home industri masyarakat maupun pemberdayaan lembaga kenegaraan yang menjadi stakeholder pemerintah seperti bumdes dan lainnya.

Pada musrembang ini Dan usulan yang disampaikan masyarakat Kecamatan Mangunjaya tentunya akan di tampung di Kabupaten pangandaran untuk dijadikan bahan di RKPD. 

Jalal berharap hasil musrembang ini harus menjadi komitmen bersama, jangan yang diusulkan A ternyata realisasi menjadi B.

"Dan ini biasa terjadi, sehingga musrembang ini menjadi tidak bermanfaat dan kesannya hanya menjalankan kewajiban saja, "tuturnya. 

Padahal inbuh Jalal,  negara sudah memberikan alur undang-undang No 25 Tahun 2004 keterkaitan sistem perencanaan pembangunan nasional dan itu harus menjadi patokan. 

Dan DPRD, ucap Jalal, tentu akan terus mengawal terkait usulan masyarakat ini agar tidak melenceng dari yang telah disepakati dalam musrembang ini. 

"Jika tidak begitu dikhawatirkan nantinya pembangunan ini tidak berdasarkan kebutuhan," pungkasnya. (bill)

Related

berita 6241168298141549087

Posting Komentar

emo-but-icon

item