Pasca Kenaikan Harga BBM Pemkab Pangandaran Terus Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata
PANGANDARANNEWS.COM – Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) harga kebutuhan belum ada yang mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Seperti disampaikan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, pihaknya saat ini setiap hari terus memantau pergerakan sejumlah harga komoditi, serta meminta laporan ke dinas terkait terkait ada tidaknya kenaikan harga  kebutuhan pokok, seperti telur, beras, minyak goring, cabe dan lainnya.

“Kami terus pantau ternyata di tiap pasar tradisional harganya berbeda-beda," kata Jeje pada sejumlah awak media usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD. (12/9).

Disoal bantuan untuk bantuan ke masyarakat, Jeje mengatakan, akan ada refocusing sebesar 2 persen dari transfer pusat, artinya ada sekitar Rp 2 Miliar anggaran yang diharuskan disalurkan untuk bantuan ke masyarakat.

Jeje mengatakan, pada hari Kamis mendatang (15/9-red), pihaknya akan melaksanakan rapat dengan Bank Indonesia (BI) dan Pertamina untuk membahas soal inflasi akibat dari kenaikan BBM, dan memastikan komponen apa saja yang berkontribusi pada kenaikan inflasi.

Selain itu, imbuhnya, dalam pertemuan nanti akan dirumuskan beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menangani terjadinya inflasi di daerah. Karena tingkat inflasi daerah tidak bisa diukur sendiri melainkan harus oleh Badan Pusat Statistik.

“Saat ini yang dipakai rujukanya adalah Kota Tasikmalaya, “jelasnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida, ia menyebutkan harga yang terpantau naik cukup signifikan yakni Cabe Merah dari Rp 60 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogram, Cabe Rawit yang tadinya harga Rp 50 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram dan Cabe Keriting dari Rp 60 ribu naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram.

“Sementara komoditi seperti telur ayam BR justru mengalami penurunan, di Pasar Kalipucang dari Rp 28 ribu ke Rp 27 ribu, Pasar Pananjung dari Rp 29 ribu ke Rp 28 ribu dan di pasar Parigi harga tetap Rp 30 ribu,"ungkap Tedi. (PNews)


Related

berita 1940885705567108780

Posting Komentar

emo-but-icon

item