Ini Data Jumlah DPB di KPU Kabupaten Pangandaran Hari Ini, Naik 1,21 % Dari Pilkada 2020

PANGANDARANNEWS.COM – Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran kepada sejumlah awak media menyampaikan, jumlah Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB)  ada 323.909 pemilih.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin, jumlah ini ada peningkatan dari Pilkada 2020 yang berjumlah 320.008 pemilih.

“Ada 3 ribu tambahan DPOB, “jelas Muhtadin, usai mengelr rapat di Kantor KPU Pangandaran di Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih.(30/09)

Muhtadin menjelaskan, selisih lebih ini berasal dari sinkronisasi hasil pemilu terakhir yang setiap bulanya dilakukan pemuktahiran data yang sudah dikoordinasikan dengan lembaga terkait, seperti Dinas Catatan Sipil, TNI, Polri dan lain-lain. Dan hal ini untuk memastikan jika ada TNI dan Polri yang pensiun atau ada masyarakat yang diangkat menjadi anggota TNI-Polri.

KPU juga, kata Muhtadin, memastikan jika ada masyarakat yang sudah meninggal atau pindah ke luar Pangandaran agar jangan sampai ada warga yang sudah meninggal tapi masuk dalam DPB.

“Sementara untuk tahapan penetapan DPT baru akan dilakukan pada Oktober yang dilanutkan dengan ke pemuktahiran data pemilih, lalu coklit dan seterusnya," terang Muhtadin.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdillah menambahakan, ada 1.008 pemilih yang sudah meninggal dunia dan 17 pemilih yang menjadi polisi, dan ini harus dihilangkan hak pilihnya.

Kata Gaga, ada 6 polisi yang statusnya berubah atau pension, lima diantaranya  dinyatakan mempunyai hak pilih atau sebagai pemilih baru.

“Sementara satu orang tidak diproses karena elemen datanya tidak lengkap," ujar Gaga. (PNews) 


Related

berita 2525495613380639581

Posting Komentar

emo-but-icon

item