Pemda Kabupaten Pangandaran Lakukan Merger Perumda BPR BKPD

PANGANDARANNEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran melalaui Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beberapa hari lalu resmi melakukan merger Perusahaan Umum (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) BKPD Cijulang ke BPR BKPD Pangandaran.  

Saat dikonfirmasi di ruang kerjanaya, Direktur Utama (dirut) BPR BKPD Kabupaten Pangandaran, Yana Maulana, membenarkan merger tersebut terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2022 lalu. Jadi ke depan tidak ada BPR Cijulang lagi karena, tapi bukan berarti BPR milik Pemkab Pangandaran yang berlokasi di Cijulang ini hilang, tapi BPR tersebut akan menjadi kantor cabang.

“Jadi setelah merger ini Perumda BPR BKPD Pangandaran ini mempunyai tiga kantor cabang, diantaranya kantor cabang Cijulang, Ciamis yang berkantor di Ciamis dan kantor cabang pusat yang berlokasi di kantor BPR BKPD Pangandaran, “terang Yana.(18/08)

Kepada PNews Yana juga menuturkan, sebagai langkah awal pasca merger pihaknya akan melakukan penataan di internal, karena mungkin ada “budaya” kerja kantor BPR cabang Cijulang yang sedikit berbeda, yang tadinya kantor pusat sekarang menjadi kantor cabang.

“Mungkin kami juga akan melakukan rotasi dan mutasi untuk langkah penyegaran, “imbuhnya.

Dirut BPR BKPD Pangandaran, Yana Maulana
Yana mengatakan, ke depan ia juga akan melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta optimalisasi dan digitalisasi dengan melakukan kerjasama dengan Finasial Teknologi (Fintek) yang sudah tedaptar di OJK.

Tak hanya itu, selain akan bekerjasama 2 asosiasi BPR, seperti perhimpunan BPR milik pemda (perbamida) university dan Persatuan BPR Indonesia (Perbarindo) Yana mengatakan ia juga akan melakukan harmonisasi dan berkolaborasi dengan visi-misi pemda Kabupaten Pangandaran, salah satunya untuk menunjang digitalisai keuangan.

“Walau sekarang dengan 3 kantor cabang SDM kami masih terbatas, tapi kami optimis akan mampu melakukan terobosan-terobosan dalam rangka peningkatan dan optimalisasi sebagai perusahaan milik daerah, “tegasnya.

Disoal sektor penyaluran kredit, Yana mengaku selama ini memang masih didominasi kredit konsumsi, namun pasca kondisi pandemi. Dan saat ekonomi masyarakat sekarang mulai merangkat bangkit lagi, BPR BKPD Pangandaran tentu akan lebih menggenjot lagi pada sektor produksi dan usaha masyarakat.

“Apalagi sekarang tren UMKM saat ini sangat gencar didorong oleh Pemkab Pangandaran, “Imbuhnya. (PNews)


Related

berita 4422856481833206526

Posting Komentar

emo-but-icon

item