DALAM KEGIATAN APEL SIAGA SECARA VIRTUAL, BKKBN AJAK MASYARAKAT TURUNKAN ANGKA STUNTING

PANGANDARANNEWS.COM  - Bertempat di alun-alun Kabupaten Subang Jawa Barat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar apel siaga dengan tema Tim Pendamping Keluarga (TPK) Bergerak, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota. (12/05). 

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Dinas KBP3A Kab. Pangandaran Drs. Heri Gustari, M.Si., Kepala Bappeda H. Muhamad Agus Satriadi, S.Pt., MP., Tim Pendamping Keluarga (TPK), pelaksana dan anggota Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pangandaran ini dilakukan secara hybrid yaitu peserta dari kabupaten-kota lain mengikuti secara virtual, termasuk Kabupaten Pangandaran yang berlangsung di Gedung Bappeda Kabupaten Pangandaran. 

Dalam sambutannya Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menyampaikan apel ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pendampingan bagi calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca salin, dan baduta oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebagai upaya percepatan penurunan angka stunting. Karena seperti diketahui stunting merupakan kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi yang berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia. 

“Saya mengajak masyarakat untuk memperjuangkan anak sejak dalam kandungan, hingga seribu hari kehidupan pertama dengan kata lain umur 2 tahun, “kata Hasto.

Menurut Hasto ada 3 penyebab stunting, antara lain gizi kurang bagus, sering sakit-sakitan dan pengasuhannya tidak baik. Dan anak itu harus dibahagiakan jangan sampai stress karena ada 3 yang bisa mengakibatkan stunting, diantaranya pendek tapi pendek belum tentu stunting, intelektualnya kurang, dan mudah sakit-sakitan. Dan orang yang stunting saat dewasa sangat rentan terkena penyakit seperti darah tinggi, stroke, dan kencing manis. 

“Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh tim pendamping se-Indonesia termasuk Kabupaten Pangandaran mampu bergerak untuk mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia, “ucapnya. (PNews)


Related

berita 2163276096039569741

Posting Komentar

emo-but-icon

item