GUBERNUR JAWA BARAT RESMIKAN SITU WANGI DI KABUPATEN CIAMIS


PANGANDARANNEWS.COM/CIAMISNEWS –  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, meresmikan objek wisata Situ Wangi di Desa Winduraja Kecamatan Kawali.(19/02)

Situ Wangi merupakan salah satu program strategis Gubernur Jawa Barat yang dijadikan salah satu program unggulan destinasi wisata di Jawa Barat.

Seperti diketahui, pengerjaan kontruksi penataan dan revitalisasi Situ Wangi dimulai pada tahun 2021. Sketsa awal penataan obyek wisata Situ Wangi didesain langsung oleh Ridwan Kamil sendiri pada tahun 2018.

Sementara untuk Groundbreaking penataan dan revitalisasi dilaksanakan bersamaan dengan peringatan hari air dunia pada tanggal 22 Maret 2021.

Untuk revitalisasi Situ Wangi ini Pemprov Jabar telah mengelontorkan anggaran sebesar Rp 11 miliar.

Seperti disampaikan kepada sejumlah awak media usai meremikan Situ Wangi, Kang Emil sapaan akrab orang nomer satu di Jawa Barat ini, menuturkan Situ (danau) selain fungsi ekologis juga harus mempunyai fungsi sosial.

Di Jawa Barat ini penuh dengan banyak situ yang buktinya bisa punya dua fungsi. Ekologisnya untuk sumber mata air, irigasi dan lain-lain.

"Dan fungsi sosialnya untuk meningkatkan kebahagiaan, ekonomi, masyarakat khususnya dari sektor pariwisata, "ucapnya

Setelah penataan dan revitalisasi, kata Emil, Situ Wangi mempunyai berbagai macam fasilitas pendukung agar wisatawan betah dan nyaman saat berada disana.
Mulai dari Amphitheatre, gazebo, menara panjang, dapur dan gazebo restoran, toilet, siluet gerbang, joging track, area parkir hingga wedding garden.

Emil juga menerangkan, ia sengaja merancang wedding garden di Situ Wangi agar memberikan income bagi pemerintah.
Selain itu, untuk memberikan nuansa baru di acara pernikahan dengan pemandangan yang alami dan nyaman dengan konsep outdoor.

Dan ia juga merancang gazebo kuliner agar masyarakat bisa melakukan aktivitas ekonomi sehingga berdampak terhadap terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Pada dasarnya berbagai fasilitas yang dihadirkan di Situ Wangi selain untuk objek wisata juga untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat, "imbuhnya.

Hal ini dilakukan, masih kata Emil agar ekonomi masyarakat bisa pulih sehingga masyarakat pun merasakan dampak positif dari hadirnya objek wisata di daerahnya.

Berbagai fasilitas pendukung akan terus ditambahkan dalam pengembangan obyek wisata Situ Wangi ini.

Selain itu, dia berharap Situ Wangi ini bisa menjadi destinasi wisata situ terbaik di Kabupaten Ciamis.

“Dari antusiasme masyarakat saya bisa melihat, warga sangat bahagia. Teu Aya nu baeud. Semua bahagia, ceria, over excited,” ujar Kang Emil.

Sementara Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya,  menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Gubernur Jabar yang telah hadir dalam peresmian Wisata Situ Wangi.

“Selamat datang kepada Herdiat mengatakan, kondisi objek wisata Situ Wangi dahulunya merupakan sumber pencaharian masyarakat seperti memancing atau untuk irigasi kolam. Setelah direvitalisasi oleh Pemprov Jabar tampilannya semakin bagus berbeda dengan tahun lalu.

“Tampilan Situ Wangi saat ini lebih bagus, dengan berbagai fasilitas yang melengkapinya. Semoga dapat menarik wisatawan dari domestik maupun dari luar daerah, " ungkap Herdiat. (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 3237981293596299957

Posting Komentar

emo-but-icon

item