BPN DAN DISDAGKOP UMKM PANGANDARAN SOSIALISASIKAN SERTIPIKAT GRATIS DI MANGUNJAYA

PANGANDARANNEWS.COM – Bertempat di aula Desa Mangunjaya Kecamatan Mangunjaya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Koperasi UMKM (Disdagkop UMKM) Kabupaten Pangandaran mengadakan sosialisasi program sertipikat gratis yang disambut antusias warga Desa Mangunjaya. (12/1)

Kepada wartawan, Kepala Seksi Penataan dan Perberdayaan Kantor BPN Pangandaran, Dani Samsul Purnama mengatakan, penyuluhan sertipikat tanah obyek lintas sektor, dalam hal ini untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertujuan memberikan edukasi agar masyarakat memahami bahwa sertipikat ini bisa menjamin kepastian hukum, memberi perlindungan hukum terkait kepemilikan tanah. 

“Kegiatan sosialisasi ini dibiayai oleh negara, “ucap Dani.

Dani merinci, jumlah seluruhnya ada 321 bidang, terdiri dari 134 untuk nelayan tangkap 187 bidang untuk UMKM, dan pelaksanaannya dalam satu tahun anggaran hanya saja BPN berupaya melaksanakannya pada triwulan pertama, sehingga akhir triwulan yang akan datang diupayakan sudah jadi.

“Paling lambat bulan mei itu sudah selesai, “jelasnya.

Dan kegiatan yang dilaksanakan di Mangunjaya ini untuk program UMKM, dengan menggandeng Dinas Perdagangan Koprasi dan UMKM.

Dan ke depannya, kata Dani, untuk jumlah yang 134 ini untuk nelayan yang ada di 6 desa yang sosialisasinya akan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan. Pungkas nya...

Saat diminta komentarnya, Kepala desa Mangunjaya Furqonudin mengatakan, program pembuatan sertifikasi tanah ini usulan tahun 2019 dan Disperindag baru bisa merealisasikannya tahun 2022 sekarang. 

Furqonudin menyebut program ini diberikan secara gratis oleh BPN sementara pihak desa hanya mempasilitasi persyaratannya saja, namun kuotanya di batasi hanya 187 bidang saja.

“Insaalloh mulai pengukuran hari senin mendatang, “jelas Forqonudin. (Tn)


Related

berita 2717019966470857465

Posting Komentar

emo-but-icon

item