KBPP MEKARWANGI GALAKAN LITERASI DAN BERBAGI SELAMA BULAN RAMADAN

PANGANDARANNEWS.COM - Puluhan pemuda yang tergabung dalam Kumpulan Barudak Pasirpeuteuy (KBPP) Desa Mekarwangi Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran mengisi bulan suci ramadhan dengan melaukan  kegiatan literasi dan berbagi, bertempat di sekretariat KBPP.(10/5)

Seperti dituturkan Ketua KBPP Ujang Sirojul Fauzi, kegiatan ini sengaja digelar karena melihat kondisi anak anak tingkat dasar di Desa Mekarwangi sangat minim dalam budaya membaca, mereka lebih mementingkan gadget ketimbang membaca buku.

Terlebih, kata Ujang, masyarakat Desa Mekarwangi juga masih kurang dalam membaca sehingga ini menjadi pekerjaan rumah bersama baik pemuda mau pun pemerintahan desa sendiri.

“Padahal anak-anak merupakan generasi untuk melanjutkan perjuangan dalam merubah tata peradaban di masa depan yang lebih baik,”kata Ujang.

KBPP juga, kata Ujang ingin mengenalkan bahwa membaca itu penting dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sejak dini agar ketika anak anak tersebut masuk ke ke jenjang sekolah menengah atau perguruan tinggi sudah terbiasa dengan literasi sehingga perkembangannya akan begitu cepat. Untuk tujuan itu pula KBPP sangat peduli terhadap pendidikan generasi masa depan sehingga  berinisiasi untuk menggelar kegiatan literasi dengan jadwal buka setiap hari selama bulan ramadan.

Adapun buku bacaan yang di pakai, masih kata Ujang, merupakan hasil pinjam dari perpustakaan desa dan dari sahabat-sahabat mahasiswa yang ada di Desa Mekarwangi.

“Pada H-3 ini kami juga memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu di Dusun Pasirpetey dan bagi bagi takjil kepada warga sekitar, “terang Ujang.

Penasehat KBPP, Andri Purna Irawan menambahkan, kegiatan seperti ini harus terus di galakan, karena dengan literasi generasi muda pun bisa maju baik dalam sektor pendidikan, ekonomi, politik, kebudayaan, keagamaan dan sektor sektor lainnya.

“Literasi menjadi modal pokok dalam peningkatan SDM karena kemajuan sebuah daerah akan tergantung SDM yang mengisinya, “tegasnya.

Menurut Andri, apa yang dilakukan para pemuda ini sudah sangat baik karena selain ada nilai religiusnya di sisi lain juga untuk meningkatkan jiwa sosial, sehingga pemuda harus bisa berperan dalam sektor apapun dan pemuda harus membawa optimis perubahan yang lebih maju.

“Saya berharap kegiatan ini terus dilanjutkan bukan hanya pada bulan ramadan saja tetapi di bulan bulan selanjutnya, tentunya dengan mengajak adik adik  kagar termotivasi serta bisa terus melanjutkan pendidikan jangan sampai ada anak yang putus sekolah apalagi karena biaya sekolah, “pungkasnya. (YUSUPSIDIK-PNews)


Related

berita 3703506455894186062

Posting Komentar

emo-but-icon

item