PEMPROV JABAR SALURKAN 53 TON BERAS KE PEMKAB PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS.COM - Sebanyak 53 ton lebih beras cadangan pangan pokok daerah (CPPD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diperuntukan bagi mereka yang terkena bencana, beberapa waktu lalu diserahkan Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum kepada Pemkab Pangandaran yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan yang dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Prov. Jawa Barat Ir. Jafar Ismail, MM, Perwakilan Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab. Pangandaran, Camat Padaherang dan Kepala Desa Tunggilis, bertempat di Aula Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang. (9/4)

Dalam sambutannya Wagub menyampaikan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Propinsi Jawa Barat kepada kabupaten-kota yang terkena bencana akibat gagal panen dikarenakan banjir.

“Hari ini bantuan di berika ke Pemkab Pangandaran setelah sebelumnya kami juga menyalurkan bantuan yang sama ke Kabupaten Subang dan daerah lainnya, “terang Wagub.

Selain meminta kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, khususnya para petani untuk tetap memilihara sawah sebagai upaya untuk mempertahankan ketersedian beras di daerah, karena seperti giketahui Jawa Barat merupakan penyumbang beras yang posisinya kini turun dari tingkat dua nasional menjadi tingkat tiga, Wagub juga berharap para petani jangan menjual sawahnya karena jika sudah terjual maka akan sulit dibeli lagi, yang kedua para petani jangan membangun di sawah nomer satu.

“Kata orang sunda mah sawah lendo karena ini akan berakibat pada menurunya produktifitas beras”, harapnya.

Menurut Wagub, penurunan produksi beras Jawa Barat ralatif besar setiap tahunya, dan ini tentu dapat berpengaruh pada ketahanan pangan, dan hingga tahun ini produksi beras jabar turun 500 ton. Untuk itu kini Pemprov Jabar pun akan terus berupaya mempertahankan ketersedian pangan terutama beras, salahsatunya melalui intensifikasi sawah.

Wagub mengatakan, pemerintah sekarang sedang berusaha mengintensifikasikan sawah, karena sehebat apapun program pemerintah dalam bidang pangan jika masyarakat tak memiliki kesadaran hanya berpikir untuk pembangunan-pembangunan jelas ini tidak akan sukses.

Terkait ketersedian pangan menjelang ramadhan dan menjelang Idul Fitri, Wagub menyampaikan, ketersediaan pangan di Jawa Barat hingga saat ini masih aman. Pada awal bulan mei setok beras masih cukup.

Sementara itu Wakil Bupati Pangandaran H Ujang Endin Indrawan , atas nama masyarakat menyampaikan terimakasih pada pemprov Jabar yang sudah menyalurkan puluhan ton beras k Pangandaran. 

Wabup berjanji akan memaksimalkan produksi beras di Kabupaten Pangandaran dengan mempertahankan fungsi sawah terutama sawah yang sumbernya dari irigasi.

“Seperti disampaikan Pak Wagub, Pemkab Pangandaran akan mempertahankan fungsi lahan dan sawah-sawah yang sumbernya dari irigasi teknis”, ucapnya. (PNews)


Related

berita 7056097200573054856

Posting Komentar

emo-but-icon

item