DKBP3A KABUPATEN PANGANDARAN TURUNKAN RIBUAN PETUGAS DAN KADER PKK UNTUK PENDATAAN KELUARGA 2021

PANGANDARANNEWS.COM – Untuk melaksanakan program Pendataan Keluarga 2021 (PK21) saat  ini Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Pangandaran sudah menyiapkan 1.134 kader.

Demikian disampaiakn Kepala DKBP3A Kabupaten Pangandaran Heri Gustari, program PK21 akan menyasar pada seluruh keluarga di Kabupaten Pangandaran yang sudah dimulai sejak tanggal  4 april hingga 31 mei 2021.

“Secara teknis program PK21 merupakan pengumpulan data terkait pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana dan anggota keluarga, “teang Heri, saat ditemui di ruang kerjanya.(5/4)

Petugas dari kader Posyandu dan PKK, kata Heri akan diberdayakan dengan mendatangi rumah warga, dan metode pendataan ini rutin dilakukan setiap lima tahun sekali untuk kelengkapan data masyarakat baik secara online dan manual.

Data yang dikumpulkan petugas PK21, lanjut Heri, di antaranya aspek kehidupan keluarga mulai profil pasangan usia subur, keluarga dengan balita, keluarga dengan lanjut usia (lansia), keluarga berisiko stunting, hingga keluarga dengan remaja dengan jenis sasaran di antaranya, keluarga yang terdiri dari suami, istri dan anak atau orang tua tungga beserta anaknya

Menurut Heri, ada dua metode yang akan dilaksanakan petugas di lapanganakan, ada yang menggunakan android dan formulir F/I/PK/21 dan formulir F/I/PK/21-S yang diisi secara manual, hasil pendataan ini tentu akan jadi dasar kebijakan pemerintah, dan Pemerintah Pusat melalui BKKBN akan menargetkan program ini ke depan untuk membantu proses pembentukan Satu Data Keluarga Indonesia.

“Saya mengimbau masyarakat Pangandaran untuk berpartisipasi dalam program PK21 dengan memberikan data yang diminta para kader atau petugas kami, “pungkasnya. (PNews)




Related

berita 616890450165193970

Posting Komentar

emo-but-icon

item