BUPATI BERHARAP 90 PERSEN KUOTA CPNS DI PANGANDARAN TAHUN INI BISA DIRAIH WARGA PRIBUMI

PANGANDARANNEWS.COM – Pemkab Pangandaran secara gratis menyelenggarakan pelatihan tes CPNS, hal ini dimaksudkan agar dalam penerimaan CPNS di Kabupaten Pangandaran bisa 90 persen bisa diisi oleh warga pribumi.

Seperti disampaikan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, hal ini merupakan wujud realisasi janji politiknya saat kampanye pada Pilkada tahun 2020 lalu.

“Saat ini Pemkab  Pangandaran telah menggelar pelatihan tes CPNS bagi 1.045 orang warga Kabupaten Pangandaran,” kata Jeje.(27/04)

Jeje merasa prihati karena saat penerimaan CPNS beberapa tahun terakhir warga asli Pangandaran yang lolostes CPNS hanya 20 persen saja, hal ini tentu tidak mau terulang pada tes CPNS yang akan datang menjadikan warga Pangandaran bakal menjadi penonton lagi.

Jeje menjelaskan, pada pelatihan tes CPNS bulan April ini dari 1.045 peserta, 150 pesertanya dari tenaga honorer daerah, sisanya masyarakat umum.

“Semuanya sudah mendapatkan pelatihan dengan cara mengisi soal, termasuk simulasinya serta paparan testimoni dari CPNS yang telah PNS 100 persen,”jelas Jeje.

Selain target kuota CPNS di Pangandaran harus 90 persen diraih warga pribumi, Jeje juga mengaku ia kerap terkendala ketika melakukan pemetaan pegawai khususnya yang akan ditugaskan menjadi camat dan staf Kantor Kecamatan, pasalnya jabatan Camat tentunya harus sesuai dengan ilmu yang dimiliki serta mampu memahami karakteristik kultur masyarakat. 

“Untuk seorang caat jelas harus figur yang bisa diterima sepenuhnya oleh masyarakat, ini dimaksudkan agar terjalin komunikasi dua arah yang sejalan antara masyarakat dengan pemerintah, “jelasnya lagi.

Saat ini, menurutnya strategi birokrasi yang dilakukan Pemkab Pangandaran salah satunya menempatkan pegawai putra daerah, tapi hal ini bukan persoalan yang mudah. (PNews)




Related

berita 4686763688127260003

Posting Komentar

emo-but-icon

item