MAMPU TINGKATKAN PADes, PEMANCINGAN CISEMPUR JADI TUJUAN WISATA MINAT DAN HOBI

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS-Potensi wisata alam yang ada di Desa Cisempur Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikamalaya, sudah saatnya untuk dikembangkan. Dan lagi bukan hanya wisata alam saja, tapi Pemdes Cisempur juga sudah harus mulai menciptakan kawasan wisata rintisan denga kekayaan kesenian dan kebudayaannya, karena pemdes memiliki otonomi untuk mengelola kekayaan yang ada di desa sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

Menurut Kepala Desa Cisempur, Didi Setiadi, untuk menggali potensi ini inovasi pemdes dan masyarakat sangat diperlukan dalam pengembangannya, pasalnya sektor pariwisata bisa bergaris lurus dengan potensi ekonomi lainnya. Seperti pertanian, perikanan dan komoditas lainnya yang ternyata mempunyai nilai jual jika ditangani dengan serius dan profesional.

“Dengan modal kekayaan alam ini, Desa Cisempur diharapkan akan mampu meningkatkan roda perekonomian pedesaan, “kata Didi.(13/9)

Untuk menggali potensi ini, lanjut Didi, perlu digenjot dalam proses  pengembangannya, khususnya wisata alam yang kini mulai ditata oleh pemdes dengan melibatkan antusias masyarakat, salahsatunya pengembangan yang kini banyak diminati masyarakat yakni wisata memancing di lokasi kawasan alam.

Di lokasi mancing ini, masih kata Didi, kegiatan ekonomi lain pun mulai terangkat seperti warung-warung yang menyediakan jajanan asli buatan warga serta keperluan lainnya.  Karena sekaang hampir setiap minggu banyak pemancing yang datang kesini untuk menyalurkan minat dan hobinya,

“Dan warga sekitr pun banyak yang membuka usaha, salahsatunya menyediakan nasi liwet khas Cisempur, “terang Didi. (UDIRUSTANDI-ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 7045612229107618178

Posting Komentar

emo-but-icon

item