DENGAN OPTIMALISASI PADes, SIMPANG MAMPU BANGUN TAMAN DAN PENATAAN LINGKUNGAN DESA

PANGANDARANNEWS/TASIKNEWS-Untuk lebih memberikan kenyaman dalam kepada warga, Pemerintah Desa Simpang Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya,  kini tengah menata kantor serta ligkungan di sekitar desa. Salah satunya, dengan menyulap halaman kantor menjadi  taman yang diharapkan bisa menambah suasan asri dan nyaman suasana di sekitar antor desa.

Menurut Kepala Desa Simpang, Budi AZ, anggaran untuk membangun taman ini bukan diambil dari Dana Desa (DD) atau pun bantuan dari pemprov, tapi berasal dari Pendapatan Asli Desa (PADes). Dan keberadaan taman tidak bisa dipisahkan dari unsur seni dan keindahan, sehingga setelah selesai nanti diharapkan bisa menjadi sarana bermain yang aman, nyaman dan menyenangkan.

“Pembangunannya  dilaksanakan  secarabertahap, ada beberapa bagian fisik yang harus dikerjakan tenaga ahli sehingga harus memakan waktu relatif lama, “terang Budi.(25/6)

Selain bisa memperindah halaman kantor desa , kata Budi, taman ini juga dapat menunjang program K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) sehingga suasana di halaman kantor desa pun tidak akan terasa gersang lagi karena akan ada beberapa jenis tanaman dan bunga yang ditanam di gapuran pintu masuk.

Tak hanyataman, imbuh Budi, area parkir dan seluruh lingkungan sekitar kantor desa punkini ditata rapih, sehingga setelah selesai pembangunannya akan tampak perubahan yang signifikan hal yang berkitan dengan keindahan dan kerapihan lingkungan.

“Mudah-mudahan ini bisa mampu meberikan kontribusi positif untuk perkembangan desa karena selain akan menjadi sarana bermain anak dan masyarakat  taman inijuga bisa menjadi tempat berteduh dan beristirahat bagi siapapun yang akan datang ke Desa Simpang  dengan suasana lebih nyaman dan ramah, “imbuh Budi. 

Budi menambahkan, melalui program kerja yang dilaksanakan di Desa Simpang, terutama infrastruktur secara keseluruhan, diharapkan masyarakat dapat menikmati dan memanfaatkannya sekaligus memelihara dan menjaganya secara maksimal, dan dengan pembangunan taman juga akan dapat menunjang aktifitas masyarakat serta mndongkrak sektor-sektor lainnya. seperti pendidikan, ekonomi, keagamaan, keamanan dan lainnya.Karena halaman kantor desa yang semula tidak enak dipandang mata, dengan adanya taman ini akan memberikan suasana yang berbeda baik dari sudut pandang keindahan ataupun lainnya.

Dan secara bertahap dan berkesinambungan seluruh sektor pembangunan yang berpihak untuk kepentingan masyarakat, lanjut Budi, semua menjadi rencana program kerja desa tanpa harus menunggu DD atau anggaran bantuan lainnya.

“Karena dengan optimalisasi manfaat PADes pun bisa berkotribusi langsung pada pembangunan Desa Simpang. “pungkas Budi. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 6282285863960005191

Posting Komentar

emo-but-icon

item