HATI-HATI, ROB BESAR DAN GELOBANG TINGGI SAAT INI BERPOTENSI DI PANTAI PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS.COM-Menghadapi cuaca dalam seminggu terakhir ini, masyarakat pesisir diharapkan agar tetap waspada serta siap antisipasi menghadapi perubahan cuaca ekstrim ini.

Demikian disampaikan Kepala Satuan (kasat) Pol Air Pangandaran Polres Ciamis, AKP. Sugianto, saat dihubungi lewat pesan whatsAppnya.

“Khususnya kepada rekan-rekan nelayan sebaiknya sekarang menunda dulu aktivitasnya di laut, “kata Sugianto.(26/5)

Sugianto juga menghimbau agar para neayan senantiasa mengecek kelengkapan keselamatan melautnya, seperti ring buoy, life jacket dan lainnya.

Menurutnya, sudah beberapa hai ini pasang air laut hingga ke daratan bahkan ke pemukiman warga, walau masih batas normal.

“Beberapa hari ini saya pun terus stand by di pantai Majingklak untuk terus memantau kondisi masyarakat disini, “terangnya.

Seperti diketahui, laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di statsiun meterologi Tunggul Wulung Cilacap, kondisi sinoptik, perairan di samudera hindia selatan jawa barat, jawa tengah dan DIY, berpotensi hujan ringan hingga lebat dngan kecepatan angin rata-rata 2-20 knot dan tinggi gelombang bisa mencapai 2 hingga 6 meter.

“Dan cuaca ini berlaku dari tanggal 27 hingga tanggal 29 mei 2020, “kata Sugianto.

Sementara menurut salah seorang nelayan warga Pasar Ikan Desa Pangandaran, Lili, rob dengan gelombang pasang ini merupakan hal biasa terjadi setiap tahunnya. Dan nelayan pun sudah mengetahui jika saat ini memasuki masa pancaroba, saat rob besar dan gelombang bisa setinggi 5-6 meter.

“Kalau nelayan disini biasa menyebutnya mapag tanggal (menjemput tanggal-red) “ujarnya. (PNews)

Related

berita 8744489881222660397

Posting Komentar

emo-but-icon

item