PROGRAM DESA CERDAS, SINERGITAS MASYARAKAT DAN PEMDES PACU PEMBANGUNAN DESA GIRIKENCANA

Kepala Desa Girikencana, Robai
TASIKNEWS-Masyrakat sebagai aktor gerakan, tentunya harus memiliki kemauan dan keinginan yang kuat untuk berubah menjadi masyarakat yang cerdas, proses ini tentu saja membutuhkan kegigihan dan konsistensi yang tinggi. Karena gerakan desa cerdas ini seutuhnya berasal dari masyarakat yang juga  diperuntukkan untuk masyarakat itu sendiri.

Beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat, seperti mengadakan kegiatan atau aktivitas yang bertujuan untuk mengasah kecerdasan serta meningkatkan intelektualitas warga desa tersebut bisa berupa belajar mengajar yang sifatnya informal atau lainnya.

Demikian diungkapkan Kepala Desa Girikencana Kecamatan  Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya, Robai, saat ditemui PNews di ruang kerjanya. (21/3)

Menurut Robai, dalam gerakan desa cerdas harus ada inisiator dan konseptor yang keduanya bisa diperankan generasi muda desa yang terdidik, para aktivis, LPM, Karangtaruna,  BPD, tokoh masyrakat, sukarelawan dan sebagainya.

“Selain itu, untuk membangun desa cerdas bisa dimulai dengan menanamkan rasa cinta pada masyarakat desa serta meningkatkan kegiatan genar membaca, “ujar Robai.

Caranya, lanjut Robai, dengan mengagendakan berbagai kajian dan diskusi rutin yang tempatnya bisa di balai desa atau meminjam gedung sekolah.

“Intinya, gerakan desa cerdas harus dilakukan dengan konsisten serta harus dibuat sturuktur organisasi yang jelas, “imbuh Robai.

Robai berharap,  gerakan desa cerdas di Girikencana bisa segera terwujud, dan ini dimaksudkan untuk mendorong akselerasi pembanggunan desabaik di bidang infaktututur, sektor ekonmi,  pertanian, pendidikan atau kegiatan kegamaan.

Pemerintahan desa, menurut Robai,  harus bersinegi dengan LPM, BPD, Karangtaruna, Babimsa dan elemen masyrakat lainnya untuk menyamakan visi-misi serta tujuan membanggun desa cerdas ini.
Ia mengaku, walau menjadi Kepala Desa Girikencana baru diabtanya sekitar 3 bulan, tapi niatnya sudah bulat untuk mencurahkan segala kemampuannya dalam membangun serta memajukan desa.

“Mari kita bangun sinergitas yang sehat antara pemerintahan desa, lembaga yang ada di desa dan seluruh warga, salah satunya dengan menciptakan desa cerdas. “pungkasnya. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 4399368150784548241

Posting Komentar

emo-but-icon

item