IPIN ARIFIN: “LEWAT AJANG LOMBA PENCAKSILAT, KITA LESTARIKAN BUDAYA BANGSA”

TASIKNEWS- Salah satu perguruan silat yangada dibawah naungan Ikatan Pencak Silat Seluruh Iindonesia (IPSI), Padepokan Pajajaran, belum lama ini berhasil menorehkan penghargaan pada kejuaraan  pencak silat cabang Tasikmalaya, yang dilaksanakan beberpa hati lalu (17-20/12) bertempat di Islamic Center. Tak tanggung-tanggung, torehan prestasi tersebut dengan menyabet 30 medali emas, 22 perak dan 17 perunggu dengan kategori yang diperlombakan diantaranya, katagori usia dini, Tanding Pra remaja, Tanding Tingkat dewasa,  Jurus Tunggal dan Regu dan katagori lainnya.

Sekretarias Panitia Pencak silat Kejurcab Tasikmalaya, Ipin Arifin, mengatakan, kejuaraan pencak silat ini yang diikuti 20 perguruan yang tersebar di Kabupaten Tasikmalaya ini berada dibawah naungan IPSI.

Dikatakan Ipin, ia merasa bangga karena penyelenggaraan kejuaraan silat yang diikuti 320 pesilat, 40 Official dan 20 manager ini merupakan bentuk kecintaan pada seni budaya, khususnya pencak silat mengalami peningkatan.

 "Alhamdulilah, dengan perhelatan yang dilaksanakan mulai di tingkat daerah hingga nasional menandakan seni budaya sunda sudah mulai digemari, tentunya kita juga patut bangga karena pencak silat sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia, “kata Ipin.

Ipin juga mengatakan, ada wacana kedepannya , pemerintah akan mewajibkan ditiap sekolah untuk   memprioritaskan pencak silat menjadi  ekstrkurikuler yang wajib diikuti siswa. Dan ini tentunya  sangat bersinergi dengan program Bupati Tasikmalaya, Salasa Nyunda.

Agar seni budaya warisan leluhur tetap eksis, selaku pelaku seni, Ipin berharap untuk dapat mengangkat seni budaya didaerah perlu adanya perhatian serius baik dari pemerintahan yang bersinergi dengan lembaga yang membidangi budaya agar tidak padam, terutama dimulai dari pemerintahan paling bawah.

 "Budaya itu merupakan identitas, jati diri Bangsa, jadi jangan mengnganggap budaya itu kecil ", pungkas Ipin. ( RUSDIANTO )

Related

TASIK NEWS 6571268453456231859

Posting Komentar

emo-but-icon

item